PENGARUH INTERAKSI MOTIVASI DAN BUDAYA ORGANISASI PADA HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DENGAN SENJANGAN ANGGARAN

  • Cucu Ulvani Hasanah
  • I Wayan Suartana

Abstract

ABSTRAK

Proses penyusunan anggaran melibatkan banyak pihak dalam penyusunan anggaran, dan berpengaruh terhadap sasaran anggaran tersebut serta dapat memotivasi seseorang untuk melakukan senjangan anggaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan budaya organisasi pada hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan senjangan anggaran diseluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Denpasar. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan total sampling sebanyak 151 kepala bagian/bidang, kepala sub bagian/bidang dan kepala seksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan mengirim kuesioner ke 35 SKPD Kota Denpasar. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan Moderated Regression Analysis. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa motivasi dan budaya organisasi berpengaruh negatif dan signifikan pada hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan senjangan anggaran. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi dan budaya organisasi mampu memperlemah hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan senjangan anggaran.

Kata kunci: budaya organisasi, motivasi, partisipasi penyusunan anggaran, senjangan anggaran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-01-10
How to Cite
HASANAH, Cucu Ulvani; SUARTANA, I Wayan. PENGARUH INTERAKSI MOTIVASI DAN BUDAYA ORGANISASI PADA HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DENGAN SENJANGAN ANGGARAN. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 46-62, jan. 2014. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/7778>. Date accessed: 20 may 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)