Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi, Kualitas Pelayanan dan Sosialisasi pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor

  • Ni Putu Atik Widiastini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Indonesia
  • Ni Luh Supadmi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Indonesia

Abstract

Motor vehicle tax is a tax on the ownership and / or control of motor vehicles. The purpose of this study is to obtain empirical evidence of the influence of taxpayer awareness, tax sanctions, service quality and tax information dissemination on tax compliance in paying motor vehicle tax in Denpasar. This research is located in the Joint Office SAMSAT Denpasar City. The number of samples used was 100 motor vehicle taxpayers which were calculated using the Slovin formula with the sample determination method used was accidental sampling. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that taxpayer awareness, tax sanctions, service quality and tax socialization have a positive effect on taxpayer compliance in paying motor vehicle tax at the Joint Office of SAMSAT Denpasar.


Keywords: Taxpayer Awareness; Penalty; Service quality; Socialization; Obedience.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alabede, J. O., Ariffin, Z. B. Z., & Indris, K. M. (2011). Determinants of Tax Compliance Behaviour : A Proposed Model for Nigeria. International Research Journal of Finance and Economics, 78(78).

Angraini, D., & Khairani, S. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus pada WPOP Kendaraan Bermotor di Kota Palembang). Akuntansi STIE Multi Data Palembang, 1–14.

Astana, I. W. S., & Lely Aryani Merkusiwati, N. K. (2017). Pengaruh Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern Dan Kesadaran Wajib Pajak Pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 181, 2302–8556.

Awaluddin, I., Nurnaluri, S., & Damayanti, W. O. R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi pada Kantor Besama SAMSAT Kendari). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, II, 109–122.

Dharma, G. P. E., & Suardana, K. A. (2014). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia negara untuk mengatasi masalah sosial , meningkatkan kesejahteraan dan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 1, 340–353.

Herryanto, M., & Toly, A. A. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak , Kegiatan Sosialisasi Perpajakan , dan Pemeriksaan Pajak terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan di KPP Pratama Surabaya Sawahan. Tax and Accounting Review, 1.

Ilhamsyah, R., Endang, M. G. W., & Dewantara, R. Y. (2016). Pengaruh Pemahaman dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi SAMSAT Kota Malang).

Jotopurnomo, C., & Mangoting, Y. (2013). Pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Surabaya. Accounting and Tax Review, 1, 6. https://doi.org/10.1016/j.apsusc.2017.11.151

Komala, K. C., Suhadak, & Endang, M. G. W. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan (Studi Pada Kantor Pelayanan pajak Madya Malang), 1–9.

Kurniawan, A. (2006). Transformasi Pelayanan dan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan.

Laksono, J. P., & Ardiyanto, D. H. M. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Badan pada Perusahaan Industri Manufaktur di Semarang.

Mardiasmo. (2016). Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2016. Yogyakarta:Penerbit
Andi.

Nirajenani, C. I. P., & Aryani, N. K. L. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor, 24, 339–369. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i01.p13

Pujiasti, S. F. (2016). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus pada Kantor SAMSAT Kota Bogor).

Putri, A. R. S., & Jati, I. K. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Denpasar. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, (2011), 661–677.

Rusmayani, N. M. L., & Supadmi, N. L. (2017). Pengaruh Sosialisasi, Pengetahuan, Sanksi Dan Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.20, No(ISSN: 2302-8556), 173–201.

Tiraada, T. A. M. (2013). Kesadaran Perpajakan, Sanksi Pajak, Sikap Fiskus Terhadap Kepatuhan WPOP Di Kabupaten Minahasa Selatan, 1(3), 999–1008.

Tresnalyani, N. K. M., & Jati, I. K. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Perpajakkan dan Biaya Kepatuhan pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 24, 578–605. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i01.p22 Pengaruh

Utama, I. W. M. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan, sanksi perpajakan dan biaya kepatuhan terhadap kepatuhan wajib pajak. Jurnal Akuntansi, 2(2), 452–470.

Webley, P., Robben, H., Elffers, H., Hessing, D., & An, T. E. (1991). Book review, 13(1902), 187–190.

Winerungan, O. L. (2012). Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan WPOP di KPP Manado dan KPP Bitung, 1(3), 960–970.
Published
2020-07-10
How to Cite
WIDIASTINI, Ni Putu Atik; SUPADMI, Ni Luh. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi, Kualitas Pelayanan dan Sosialisasi pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 30, n. 7, p. 1645 - 1657, july 2020. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/55889>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2020.v30.i07.p03.
Section
Artikel