Kesadaran WP, Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak dan Penerapan Tapping Box pada Kepatuhan WP Restoran
Abstract
This study aims to provide empirical evidence about the influence of taxpayer awareness, service quality, tax sanctions and the application of transaction recording devices (tapping boxes) to taxpayer compliance in paying restaurant taxes. This research was conducted on companies that have been registered with the Denpasar City Revenue Agency since 2017. The sample in this study is a restaurant that has been installed with a taping box. The method of determining the sample using a purposive sampling method using the Slovin formula to obtain 31 companies as samples. Data collection using a questionnaire. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results of hypothesis testing show that the variable of taxpayer awareness, service quality, tax sanctions, and the application of tapping boxes has a positive effect on the compliance of natural taxpayers paying restaurant taxes at the Denpasar City Revenue Agency.
Keywords: Awareness of Taxpayers; Service Quality; Tax Sanctions; The Application Of Tapping boxes; Taxpayer Compliance.
Downloads
References
Dewi, S. K., & Merkusiwati, N. K. L. A. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, E-Filing, dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v22.i02.p30
Dewinta, R. M., & Syafruddin. (2012). Pengaruh Persepsi Pelaksanaan Sensus Pajak Nasional dan Kesadaran Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Accounting, 1(2), 1–9.
Efferin, S., Darmadji, S. H., & Tan, Y. (2008). Metode Penelitian Akuntansi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Febrianti, M. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi realisasi penerimaan pajak bumi dan bangunan sektor pedesaan dan perkotaan di kabupaten Bangka Tengah. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi. https://doi.org/10.34208/jba.v19i1.65
Freddy, R. (2006). Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan. Pelanggan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (2nd ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanousek, J., & Palda, F. (2004). Quality of government services and the civic duty to pay taxes in the Czech and Slovak Republics, and other transition countries. Kyklos. https://doi.org/10.1111/j.0023-5962.2004.00252.x
Harahap, A. A. (2004). Paradigma Baru Perpajakan Indonesia. Perspektif. Ekonomi Politik. Jakarta: Integritas Dinamika Press.
James, S., & Nobes, C. (1997). The Economics of Taxation, Principle, Policy and Practice. Europe: Prentice Hall.
Januarta, A. D. (2011). Pengaruh Kewajiban Moral, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Kantor Bersama SAMSAT Tabanan. Universitas Udayana.
Jotopurnomo, C., & Mangoting, Y. (2013). Pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan fiskus , sanksi perpajakan, lingkungan wajib pajak berada terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Surabaya. Tax & Accounting Review.
Mardiasmo. (2016). Perpajakan Edisi Terbaru 2016. Penerbit ANDI.
Mustikasari, E. (2007). Kajian Empiris Tentang Kepatuhan Wajib Pajak Badan Di Perusahaan Industri Pengolahan Di Surabaya. Simposium Nasional Akuntansi X.
Nugroho, A., Andini, R., & Raharjo, K. (2016). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Pengetahuan Perpajakan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Penghasilan. Journal Of Accounting.
Pancawati, H., & Rachmawati, M. O. (2012). Pengaruh Due Professional Care, Etika, dan Tenur Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Fakultas Ekonomi Unisbank Semarang.
Pramasita, I. A., & Rasmini, N. K. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Penerapan Alat Perekam Transaksi (Tapping Box) Pada kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Hotel di Badan Pendapatan Kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi, 5(1), 456–468.
Pratiwi, I., & Setiawan, P. (2014). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Kondisi Keuangan Perusahaan, Dan Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Reklame Di Dinas Pendapatan Kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi.
Rahmani, A. F. (2014). Kepatuhan Wajib Pajak Masih Minim. Retrieved September 1, 2019, from http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/14/09/09/nble57-kepatuhan-wajib-pajak-masih-minim
Sucandra, I., & Supadmi, N. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pemeriksaan Pajak, Pengetahuan Perpajakan Dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Restoran. E-Jurnal Akuntansi.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Supadmi, N. luh. (2011). Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan. Jurnal Ilmiah Akuntansi.
Susilawati, K. E., & Budiartha, K. (2013). Pengaruh kesadaran wajib pajak, pengetahuan pajak, sanksi perpajakan dan akuntabilitas pelayanan publik pada kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. https://doi.org/ISSN: 2302-8556
Yadnyana, I. K., & Sudiksa, I. B. (2011). Pengaruh Peraturan Pajak Serta Sikap Wajib Pajak Pada Kepatuhan Wajib Pajak Koperasi di Kota Denpasar. Buletin Studi Ekonomi, 17(2), 197–206.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.