Moderasi Corporate Social Responsibility Pada Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur

  • Kadek Dwi Dharma Pradnyana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • I Made Pande Dwiana Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana

Abstract

Nilai perusahaan merupakan gambaran dari kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel pemoderasi pada perusahaan manufaktur. Penelitian ini dilakukan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014-2016. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 22 perusahaan dengan jumlah 65 amatan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode nonprobability sampling, khususnya metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa variabel profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Variabel CSR memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Adanya CSR yang tinggi membuat investor lebih percaya bahwa kinerja perusahaan dalam kondisi yang baik, sehingga CSR menjadi nilai lebih dimata investor.


Kata kunci: Profitabilitas, corporate social responsibility, nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-25
How to Cite
PRADNYANA, Kadek Dwi Dharma; DWIANA PUTRA, I Made Pande. Moderasi Corporate Social Responsibility Pada Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 24, n. 1, p. 253-281, may 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/38398>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i01.p10.
Section
Artikel