Pengaruh Profesionalisme dan Perilaku Disfungsional Auditor Pada Kualitas Audit dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderasi

  • Putu Ayu Velia Purwaningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Dewa Gede Dharma Suputra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh profesionalisme auditor dan perilaku disfungsional auditor terhadap kualitas audit dengan kepuasan kerja sebagai variabel moderasi pada Kantor Akuntan Publik di Bali.Penelitian ini dilakukan pada kantor Akuntan Publik di Bali dengan sembilan kantor pada tahun 2017 dengan jumlah auditor sebanyak 74 orang sebagai sampel melalui metode sample jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. 48 kuesioner dianalisis melalui teknik moderasi regresi analisis (MRA). Berdasarkan hasil analisis, variabel profesionalisme berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas audit di Kantor KAP di Bali. Perilaku disfungsional auditor berpengaruh negatif signifikan pada kualitas audit di Kantor Akuntan Publik di Bali. Kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas audit di Kantor Akuntan Publik di Bali. Kepuasan kerja memoderasi pengaruh positif profesionalisme pada kualitas audit di Kantor Akuntan Publik di Bali. Kepuasan kerja memoderasi pengaruh  negatif  perilaku disfungsional auditor pada kualitas audit di Kantor Akuntan Publik di Bali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-25
How to Cite
PURWANINGSIH, Putu Ayu Velia; SUPUTRA, I Dewa Gede Dharma. Pengaruh Profesionalisme dan Perilaku Disfungsional Auditor Pada Kualitas Audit dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 24, n. 1, p. 224-252, may 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/38210>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i01.p09.
Section
Artikel