Pengaruh Kepemilikan Keluarga dan Ukuran Perusahaan pada Agresivitas Pajak dengan Corporate Governancer sebagai Variabel Pemoderasi

  • Hadika Kresna Wirawan Universitas Udayana
  • I Made Sukartha Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh bukti empiris mengenai pengaruh variabel kepemilikan keluarga dan ukuran perusahaan pada agresivitas pajak serta pengaruh variabel corporate governance (CG) sebagai variabel pemoderasi dalam pengaruh kepemilikan keluarga dan ukuran perusahaan pada agresivitas pajak.


Variabel kepemilikan keluarga diukur dengan hak kontrol, ukuran perusahaan diukur dengan logaritma natural total aset, agresivitas pajak diukur dengan discretionary accrual, dan CG dengan analisis faktor. Sampel ditentukan melalui metode non probability dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 19 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2016. Uji yang digunakan Uji Analisis Regresi Berganda dan Moderate Regression Analysis (MRA).


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan perusahaan berpengaruh positif pada agresivitas pajak dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh pada agresivitas pajak. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa interaksi CG dengan variabel independen tidak signifikan sehingga tidak mampu memoderasi pengaruh kepemilikan keluarga dan ukuran perusahaan pada agresivitas pajak. 


Kata kunci: Kepemilikan keluarga, ukuran perusahaan, agresivitas pajak, corporate governance.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-04
How to Cite
WIRAWAN, Hadika Kresna; SUKARTHA, I Made. Pengaruh Kepemilikan Keluarga dan Ukuran Perusahaan pada Agresivitas Pajak dengan Corporate Governancer sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 23, n. 1, p. 595-625, apr. 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/37548>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i01.p23.
Section
Artikel