Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kinerja pada Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Asing sebagai Variabel Moderasi

  • Ni Made Muliastari Rahayu Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Eka Damayanthi Universitas Udayana

Abstract

ABSTRAK


Nilai perusahaan merupakan tujuan jangka panjang perusahaan. Manajer dituntut untuk membuat keputusan dengan mempertimbangkan kepentingan semua stakeholder. Perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor yang memengaruhi nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility disclosure dan kinerja keuangan pada nilai perusahaan dengan kepemilikan asing sebagai variabel moderasi. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014-2016. Sampel penelitian yang dipilih melalui nonprobability sampling adalah sebesar 30 perusahaan. Moderated Regression Analysis (MRA) digunakan untuk mendapatkan hasil analisis data. Hasil yang didapat yaitu corporate social responsibility disclosure berpengaruh positif pada nilai perusahaan. Kinerja keuangan tidak berpengaruh pada nilai perusahaan. Kepemilikan asing memperlemah pengaruh corporate social responsibility disclosure pada nilai perusahaan. Kepemilikan asing tidak memoderasi pengaruh kinerja keuangan pada nilai perusahaan.


Kata kunci: corporate social responsibility disclosure, kepemilikan asing, kinerja keuangan, nilai perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-25
How to Cite
RAHAYU, Ni Made Muliastari; DAMAYANTHI, I Gusti Ayu Eka. Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kinerja pada Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Asing sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 24, n. 1, p. 30-57, may 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/36881>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i01.p02.
Section
Artikel