Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Seoulok Korean Restaurant, Sidewalk-Jimbaran

  • Bella Christina Tambunan Universitas Udayana
  • Amna Hartiati Dosen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana, Badung, Bali, Indonesia
  • Cokorda Anom Bayu Sadyasmara Dosen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana, Badung, Bali, Indonesia

Abstract

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh sebuah perusahaan sangat erat hubungannya dengan keputusan pembelian konsumen sehingga pada persaingan bisnis yang semakin ketat terutama bisnis kuliner pada saat ini menuntut perusahaan untuk bersaing dan mengatur strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor bauran pemasaran yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Seoulok Korean Restaurant dan mengetahui faktor-faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di Seoulok Korean Restaurant. Penelitian dilaksanakan di Seoulok Korean Restaurant. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada 92 orang responden menggunakan metode accidental sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis faktor dan diolah menggunakan SPSS versi 25.  Hasil menunjukkan bahwa terdapat 5 faktor yang terbentuk. Faktor 1 (kombinasi pertama) yang terdiri dari 8 variabel dengan nilai eigen value 11,071.Faktor 2 (kombinasi kedua) yang terdiri dari 6 variabel yang memiliki nilai eigenvalue sebesar 2,025. Faktor 3 (kombinasi ketiga) terdiri dari 7 variabel dengan nilai eigenvalue 1,354. Faktor 4 (tempat) terdiri dari 2 variabel dengan nilai eigenvalue sebesar 1,223. Faktor 5 (promosi) yang terdiri dari 2 variabel dengan nilai eigenvalue sebesar 1,162.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adila, S. N., & Aziz, N. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Beli Pada Konsumen Restoran Kfc Cabang Khatib Sulaiman Padang. 1– 16. https://doi.org/10.31219/osf.io/dqb9m

Ali. M. W. A. H., D.W. Handoyo., dan L. Sari. 2013. Pengaruh Keragaman Menu, Kualitas Produk, Citra, Merek dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal of Social and Politic. 1-9.

Antyadika, B. E. (2012). ANALISIS PENGARUH LOKASI, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Wong Art Bakery&Café Semarang). Skripsi, 1, 1–72.

Cooper. D.R., P.S. Schindler, dan Zul Ganef. 2006. Business Research Methods (Ninth Edition).. New York. McGraw-Hill Irwin.

Costello. A.B. dan J.W. Osborne. 2005. Best Practices Inexporatory Factor Analysis : Four Recommendations For Getting The Most From Your Analysis. Practical Assessment Research and Evaluation. Vol 10(7) : 1-9

FARIDAH, R., & RISMAWATI, N. (2013). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Pascabayar Halo Di Kota Amuntai. At-Taradhi, 4(1). https://doi.org/10.18592/taradhi.v4i1.89

Hair. J.F. 1998. Multivariate Data Analysis. Fifth Edition, International Edition. Pretince Hall.

Kotler. P. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Erlangga.

Kosasih, M. P. P. (2016). Keandalan, Daya Tanggap Dan Empati Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Di Princess Cosmetic. Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(2), 207–216.

Made. M.G. 2015. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Harian Suara Merdeka. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol : 4(2) : 462-473.

Malholtra. N. K. 1999. Marketing Research. New Jersey : Pretince Hall, Inc.

Maulana, M. R., & Rohman, F. (2012). KEPUASAN NASABAH BCA CABANG BOROBUDUR MALANG. 2011, 1–15.

Nugroho, M. B. (2013). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rachmawati, R., Jasa, J. T., Produksi, D., & Semarang, U. N. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2), 143–150.

Sobagaki, H., Yamanaka, T., Takahama, K., & Nayatani, Y. (1974). Chromatic-Adaptation Study By Subjective-Estimation Method. In J Opt Soc Am (Vol. 64, Issue 6). https://doi.org/10.1364/JOSA.64.000743

Sudarsana, I. N. 2007. Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusannya berbelanja pada supermarket Delta Dewata Ubud Gianyar. Fakultas Ekonomi. Universitas Udayana.

Wulan, W., Mawardi, M., & Pangestuti, E. (2016). PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Restoran Kayu Manis Tuban). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 38(2), 176–183.
Published
2020-08-28
How to Cite
TAMBUNAN, Bella Christina; HARTIATI, Amna; SADYASMARA, Cokorda Anom Bayu. Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Seoulok Korean Restaurant, Sidewalk-Jimbaran. Jurnal Ilmiah Teknologi Pertanian Agrotechno, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 59-66, aug. 2020. ISSN 2548-8023. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/agrotechno/article/view/63078>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JITPA.2020.v05.i02.p03.
Section
Articles