Pengaruh Berbagai Varietas Padi dan Pupuk Biobost terhadap Pertumbuhan dan Produksi Padi di Lahan Gambut

  • Merita Ayu Indrianti Program Studi Agribisnis, Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Marhani Marhani Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Taduloko

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi pengujian varietas dan pupuk Biobost terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman padi pada sawah laahan gambut. Penelitian dilaksanakan menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan dua faktor dan tiga ulangan.  Faktor Pertama adalah penggunaan tiga varietas yang terdiri atas tiga taraf yaitu varietas Ciherang (V1), varietas Santani 13 (V2) dan varietas Mekongga (V3).  Faktor kedua adalah  pemberian pupuk Bio Boost yang terdiri atas empat taraf yaitu, tanpa pupuk (BO), 20 cc/ liter air  (B1), 40 cc/liter air (B2) dan 60 cc/liter air (B3) dan masing masing perlakuan diulang 3 kali  sehingga diperoleh 36 petakan (luas petakan 3 x 4 m?).Peubah pengamatan dilakukan terhadap pertumbuhan dan komponen hasil.  Hasil penelitian menujukkan bahwa kajian varietas unggul padi dan pupuk hayati Bioboost memberikan interaksi yang nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah anakan maksimum, jumlah anakan produktif, jumlah gabah permalai, jumlah gabah bernas permalai, jumlah gabah hampa permalai serta tidak berpengaruh nyata terhadap umur panen,  panjang malai dan bobot 1000 butir. Dosis pupuk Bioboost terbaik  meningkatkan pertumbuhan, komponen hasil yaitu dosis 60cc/liter air.


 


Kata kunci: Varietas Padi, Pupuk Biobost, Pertumbuhan, Produksi, Lahan Gambut

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Gardner, F.P. Pearce, R.B. dan Mithchell, R.L. 1991. Fisiologi Tanaman Budidaya. Alih bahasa oleh Susilo, H UI Press Jakarta

Hardjowigeno, S. 2003. Soil Science Fifth Edition. Akademika Pressindo. Jakarta; 286.

Lakitan , B. 2004. Dasar-dasar Fisiologi Tumbuhan. PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.

Marschner, H. 1995. Mineral Nutrition of Higher Plants. Second edition. Academic Press.

Mawardi, E., A.Dt. Tambiji, Burhanuddin., Suhariatno. 2000. Teknologi Pemanfaatan Lahan Gambut. Padang: BPPT Sukarami.

Rengel, Z. 2000. Mineral Nutrition of Crops, Fundamental Mechanisms and Implications. Binghamton: Food production press.

Salisbury, F.B., C.W. Ross, 1992. Plant Physiology.

Sybagyo, H,. DS. Marsoedi, dan A. S. Karama, 1996. Prospek Pengembangan Lahan Gambut untuk Pertanian: Seminar Pengembangan Tehnologi Berwawasan Lingkungan untuk Pertanian pada Lahan Gambut. Dalam rangka peringatan Dies Natalis ke 33 IPB. Bogor, 26 September 1996.

Utama, M.Z.H. dan W.Haryoko. 2009. Pengujian Empat Varietas Padi Unggul pada Sawah Gambut Bukaan Baru di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Akta Agrasia. 12( 1)
Published
2020-04-28
How to Cite
INDRIANTI, Merita Ayu; MARHANI, Marhani. Pengaruh Berbagai Varietas Padi dan Pupuk Biobost terhadap Pertumbuhan dan Produksi Padi di Lahan Gambut. Jurnal Ilmiah Teknologi Pertanian Agrotechno, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 20-27, apr. 2020. ISSN 2548-8023. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/agrotechno/article/view/59111>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JITPA.2020.v05.i01.p04.
Section
Articles