Persepsi dan Adaptasi Masyarakat Terhadap Alih Fungsi Lahan Pertanian Menjadi Perumahan di Desa Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember

  • Rudy Julianto Universitas Jember
  • Ratih Apri Utami Universitas Jember
  • Aldi Kurniawan Universitas Jember

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi dan adaptasi masyarakat terhadap alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan di Desa Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan data dan dapat mengumpulkan informasi secara lengkap, praktek pada penelitian ini yaitu dengan mendeskripsikan perspektif dan adaptasi masyarakat terhadap alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan di Desa Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Lokasi penelitian ini adalah di Desa Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Informan pada penelitian ini adalah ketua RT di Desa Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat sangat mengetahui kejadian alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan. Masyarakat berharap, meskipun ada pembangunan perumahan, setidaknya masyarakat dibantu dengan pembangunan jalan sehingga sama-sama menguntungkan. Mayoritas masyarakat bekerja sebagai buruh tani, setelah terjadinya alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan, masyarakat tetap menjadi buruh tani, tetapi di desa lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-20
How to Cite
JULIANTO, Rudy; UTAMI, Ratih Apri; KURNIAWAN, Aldi. Persepsi dan Adaptasi Masyarakat Terhadap Alih Fungsi Lahan Pertanian Menjadi Perumahan di Desa Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), [S.l.], v. 11, n. 2, p. 253-259, feb. 2024. ISSN 2684-7728. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/95356>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JMA.2023.v11.i02.p01.