Pola Pengembangan Program Pekarangan Pangan Lestari (P2l) pada KWT Pangan Sari di Dusun Cengkilung, Desa Peguyangan Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar

  • Ni Wayan Sri Astiti Universitas Udayana

Abstract

Wabah Covid-19 berdampak sangat kompleks terhadap beberapa aspek seperti pemutusan hubungan kerja (PHK) dan juga terhadap perekonomian rumah tangga masyarakat, dan juga sangat mempengaruhi ketahanan pangan rumah tangganya. Melalui program pekarangan pangan berkelanjutan (P2L) diharapkan dapat menjaga ketahanan pangan rumah tangga anggota KWT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengembangan ketahanan pangan rumah tangga melalui program pekarangan pangan berkelanjutan (P2L) di era Pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui perilaku anggota KWT terhadap program P2L. Lokasi penelitian berada di KWT Pangan Sari Desa Penguyangan, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar. Responden ditentukan secara sensus sebanyak 25 orang yang tergabung dalam KWT Pangan Sari. Pengumpulan data dengan terstruktur, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata usia responden adalah 46,68 tahun, dan rata- rata pendidikan 10,2 tahun yang setara dengan SMA. Perilaku anggota KWT Pangan Sari terhadap Program P2L tergolong sedang dengan persentase pencapaian skor 77,52% yang meliputi pengetahuan yang tergolong tinggi, sikap dan keterampilan yang tergolong sedang. Pola pemanfaatan hasil program P2L untuk konsumsi 29,73%, komersial 62,26% dan sosialisasi 8%. Pola pengembangan Program P2L dalam menjaga keberlanjutan Program P2L ditandai dengan karakteristik dan perilaku anggota KWT yang tergolong moderat terhadap program P2L dan pola pemanfaatan hasil produksi yang lebih dominan untuk tujuan komersial sehingga bahwa hal tersebut sangat sesuai dengan sasaran program peningkatan pendapatan dan kesejahteraan anggota KWT sebagai sasaran program. Disimpulkan bahwa dengan adanya program P2L dapat menjaga ketahanan pangan rumah tangga KWT Pangan Sari dan masyarakat di lokasi penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-26
How to Cite
ASTITI, Ni Wayan Sri. Pola Pengembangan Program Pekarangan Pangan Lestari (P2l) pada KWT Pangan Sari di Dusun Cengkilung, Desa Peguyangan Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), [S.l.], v. 10, n. 2, p. 924-935, oct. 2022. ISSN 2684-7728. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/93221>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JMA.2022.v10.i02.p15.