Pengaruh Belanja Langsung untuk Sektor Pertanian dan Tenaga Kerja Terserap Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Tingkat Kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat

  • Serly Deranti Institut Pertanian Bogor
  • Harianto Harianto Institut Pertanian Bogor
  • Ma'mun Sarma Institut Pertanian Bogor

Abstract

Sebagai salah satu sektor basis dalam perekonomian, sektor pertanian berkontribusi menyumbang PDRB dan penyerapan terhadap tenaga kerja tertinggi setiap tahun di Provinsi Sumatera Barat. Tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan pengaruh dari belanja langsung untuk sektor pertanian tenaga kerja terserap dan dummy variable kabupaten/kota terhadap pertumbuhan ekonomii serta tingkat kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat. Jenids data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data sekunder yang merupakan daata panel dari 19 (sembilan belas) kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2015-2020, yang terdiri dari data realisasi anggaran belanja langsung pada SKPD sektor pertanian (DPTPH, DPKH, DKP, dan Dinas Pangan), jumlah tenaga kerja terserap, tingkat pertumbuhan ekonomi, dan tingkat kemiskinan. Data sekunder ini bersumber dari BPS dan BPKAD Provinsi Sumatera Barat. Metode analisis datanya yaitu analisis jalur dengan data panel. Dari penelitian ini, didapatkan hasil ; 1) Belanja langsung untuk sektor pertanian memengaruhi secara signifikan dan berkorelasi positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan tingkat kemiskinan ; 2) Jumlah tenaga kerja terserap tidak berpengaruh secara signifikan baik terhadap pertumbuhan ekonomi maupun tingkat kemiskinan; 3) Variabel dummy antara kabupaten atau kota berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan namun tidak mempengaruhi secara siginfikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dan 4) Pertumbuhan ekonomi mempengaruhi secara signifikan dan berkorelasi positif terhadap tingkat kemiskinan. Peneliti menyarankan penting bagi pemerintah untuk mengevaluasi program-program pengembangan pertanian khususnya terkait penurunan kemiskinan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-23
How to Cite
DERANTI, Serly; HARIANTO, Harianto; SARMA, Ma'mun. Pengaruh Belanja Langsung untuk Sektor Pertanian dan Tenaga Kerja Terserap Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Tingkat Kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), [S.l.], v. 11, n. 2, p. 372-389, feb. 2024. ISSN 2684-7728. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/91269>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JMA.2023.v11.i02.p10.