Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Sayuran Hidroponik

  • Tsalis Kurniawan Husain Universitas Muslim Indonesia
  • Farizah Dhaifina Amran Universitas Muslim Indonesia

Abstract

CV. Akar Hidroponik merupakan usaha yang bergerak pada sektor pertanian yang fokus usahanya adalah memproduksi dan memasarkan produk sayuran hidroponik. Tren konsumen perkotaan dalam mengkonsumsi makanan sehat membuat pertimbangan konsumen dalam membeli sayuran jauh lebih kompleks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen sayuran hidroponik.  Metode dasar yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif.  Pengambilan sampel menggunakan metode  purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 52 orang. Responden penelitian adalah konsumen CV. Akar Hidroponik yang tergabung dalam grup whatsapp @akar_hidroponik. Penelitian ini melakukan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS versi 20. Metode analisis yang digunakan adalah Customer Satisfactions Index (CSI).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen sayuran hidroponik berdasarkan nilai Customer Satisfaction Index adalah sebesar 89,03%, yang berada pada rentang kategori sangat puas. Variabel yang memberikan kepuasan tertinggi adalah kandungan gizi/nutrisi sayuran, manfaat sayuran, keamanan dan keterjaminan sayuran untuk dikonsumsi serta  kesegaran dan kebersihan sayuran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-28
How to Cite
HUSAIN, Tsalis Kurniawan; AMRAN, Farizah Dhaifina. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Sayuran Hidroponik. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), [S.l.], v. 10, n. 1, p. 677-684, may 2022. ISSN 2684-7728. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/77883>. Date accessed: 13 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JMA.2022.v10.i01.p14.