Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Keputusan Pembelian Kaktus Di The Prickle House Salatiga Pada Masa Pandeni Covid-19
Abstract
Bauran pemasaran merupakan alat pemasaran yang mana perusahaan menggunakannya secara terus-menerus untuk mencapai tujuan pemasaran di pasar sasaran yang dibagi menjadi 4P yaitu product (produk), price (harga), place (lokasi) dan promotion (promosi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dari faktor internal yaitu produk, harga, lokasi, dan promosi dengan keputusan pembelian kaktus di The Prickle House Salatiga pada masa pandemi Covid-19. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive). Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi. Pengambilan sampel dilakukan secara sengaja kepada 50 responden dengan kriteria konsumen yang membeli produk kaktus pada masa pandemi Covid-19 sejak bulan Maret 2020, mempostingnya di media sosial mereka, menandai dan direpost oleh The Prickle House Salatiga. Indikator kuesioner penelitian diukur dengan skala Likert. Data penelitian akan dianalisis secara statistik dengan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Harga, Lokasi, dan Promosi berkorelasi secara signifikan dengan keputusan pembelian. Sedangkan, variabel Produk berkorelasi tidak signifikan dengan keputusan pembelian