Pengaruh Atribut dan Kualitas Layanan Agrowisata Taman Edelweis terhadap Kepuasan dan Niat Berkujung Kembali Wisatawan di Tengah Pandemi COVID-19

  • Ni Made Classia Sukendar fakultas pertanian universitas udayana
  • I Gde Pitana Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • I Ketut Surya Diarta Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Agrowisata Taman Edelweis merupakan agrowisata unggulan yang dikembangkan sebagai DTW di Kabupaten Karangasem. Meskipun popularitasnya semakin meningkat, pengetahuan mengenai pengaruh atribut DTW dan kualitas layanan terhadap kepuasan dan niat berkunjung kembali wisatawatan selama pandemi COVID-19 masih terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk (a) menganalisis pengaruh atribut DTW agrowisata terhadap kepuasan pengunjung; (b) menganalisis pengaruh atribut DTW agrowisata terhadap niat kunjungan kembali; (c) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan agrowisata terhadap kepuasan pengunjung; (d) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan agrowisata terhadap niat kunjungan kembali; (e) menganalisis kepuasan pengunjung agrowisata terhadap niat kunjungan kembali wisatawan di tengah pandemi COVID-19. Mengingat sejumlah keterbatasan, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu accidental sampling, dengan pemilihan 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) atribut DTW agrowisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung; (b) atribut DTW agrowisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung kembali; (c) kualitas pelayanan agrowisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung; (d) kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap niat berkunjung kembali wisatawan, (e) kepuasan pengunjung berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel niat berkunjung kembali, namun variabel kepercayaan merupakan variabel moderasi yang bersifat lemah terhadap variabel kepuasan pengunjung dan niat berkunjung kembali. Dengan demikian disarankan agar mempertahankan atribut DTW, meningkatkan kualitas pelayanan, memberikan perhatian kepada kepuasan wisatawan. Melakukan penelitian lebih lanjut seperti menganalisis pengaruh citra destinasi terhadap kepuasan dan niat berkunjung kembali wisatawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-27
How to Cite
SUKENDAR, Ni Made Classia; PITANA, I Gde; SURYA DIARTA, I Ketut. Pengaruh Atribut dan Kualitas Layanan Agrowisata Taman Edelweis terhadap Kepuasan dan Niat Berkujung Kembali Wisatawan di Tengah Pandemi COVID-19. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), [S.l.], v. 9, n. 2, p. 450-462, oct. 2021. ISSN 2684-7728. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/73116>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JMA.2021.v09.i02.p10.
Section
Articles