Pengaruh Tata Laksana Perkandangan Terhadap Infeksi Parasit Cacing Pada Kambing Gembrong di Dua Tempat Berbeda di Provinsi Bali

  • I Made Londra BPTP Bali, Indonesia
  • I Wayan Sudarma BPTP Bali, Indonesia

Abstract

Kendala dihadapi peternak dalam pemeliharaan Kambing Gembrong di Bali antara lain  parasit cacing. Infeksi cacing gastrointestinal pada kambing menimbulkan dampak berupa penurunan bobot badan, anemia, diare, penurunan produktivitas, serta menimbulkan kerugian ekonomi.  Telah dilakukan penelitian didusun Beraban dan Abang pada bulan September hingga Nopember 2018  bertujuan mengetahui pengaruh tata laksana perkandangan terhadap infeksi cacing pada kambing gembrong di Bali. Penelitian menggunakan sampel feses sebanyak 20 ekor  kambing gembrong umur 7- 15 bulan tanpa membedakan jenis kelamin dipelihara dalam kandang panggung bersekat dan kandang postal, sampel dimasukkan kedalam kantong plastik kecil yang  berisi larutan formalin 10 %. Sampel diperiksa ke BB –Vet Denpasar dan diuji dengan metode konsentrasi pengapungan, dan identifikasi telur berdasarkan morfologi. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif. Hasil pemeriksaan terhadap 20 sampel ditemukan 9 sampel positif pada kandang panggung  dan 13 sampel positif  pada kandang postal  terinfeksi sebesar 22 % %. Setelah diidentifikasi berdasarkan morfologi telur ditemukan pada pola kandang panggung sebanyak 1.020 butir  gram ./feses sedangkan  pola kandang postal sebanyak : 1.560 butir garam/feses. Tingkat infeksi cacing gastrointestinal berada dalam tahap infeksi sedang.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-30
How to Cite
LONDRA, I Made; SUDARMA, I Wayan. Pengaruh Tata Laksana Perkandangan Terhadap Infeksi Parasit Cacing Pada Kambing Gembrong di Dua Tempat Berbeda di Provinsi Bali. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), [S.l.], v. 8, n. 2, p. 196-206, oct. 2020. ISSN 2684-7728. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/62296>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JMA.2020.v08.i02.p09.
Section
Articles