Penguatan Aksesibilitas Perempuan Terhadap Modal Ekonomi Di Subak Guama, Tabanan-Bali

  • Ni Wayan Sri Astiti Agricultural Faculty, Udayana University
  • Dewa Raka Sarjana Agricultural Faculty, Udayana University

Abstract

Kajian ini membahas tentang partisipasi perempuan dalam pengelolaan modal  ekonomi Subak Guama, Kecamatan Marga, Tabanan-Bali. Permasalahan yang ditemui adalah bagaimanakah akses perempuan dalam pengelolaan modal  ekonomi (Kridit Usaha Mandiri/KUM) di Subak Guama. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui : akses perempuan terhadap modal Ekonomi  KUM di Subak Guama, dan tingkat pendapatan perempuan dalam mengelola modal  ekonomi KUM di subak Guama, serta  kontribusinya terhadap pendapatan rumah tangga. Data dikumpulkan melalui proses observasi, studi dokumen, dan wawancara mendalam dan wawancara terstruktur dengan 30 orang petani perempuan yang berpartisipasi dalam pengelolaan KUM di Subak Guama. Analisis data menggunakan  analiss deskriptif-intepretatif, kualitatif dan kuantitatif.


Hasil penelitian menunjukan bahwa akses perempuan terhadap modal ekonomi KUM di subak Guama hanya mencapai 20% dari total peminjan KUM 256 orang. Usaha yang dkembangkan oleh petani perempuan di Subak Guama meliputi  usaha dagang sayur mayur, dagang sarana upakara, usahatani padi, tukang jahit, pedagang pakan ternak, pedagang sate babi, produksi jaje begina, produksi aneka kue basah dan gorengan , warung makan  dan produksi Betutu  Ayam dan jamur tiram dengan rataan pinjaman kredit adalah Rp 6.963.000,-. Sedangkan rataan pendapatan dari usaha yang dikembangkan mencapai Rp 67,745,285.25,- per tahun, dengan total pendapatan  rumahtangga sebesar Rp 125,615,276.5 per tahun. Dengan demikian kontribusi perempuan terhadap penadapat rumahtangga mencapai 53,93 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-09
How to Cite
ASTITI, Ni Wayan Sri; SARJANA, Dewa Raka. Penguatan Aksesibilitas Perempuan Terhadap Modal Ekonomi Di Subak Guama, Tabanan-Bali. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 39-52, june 2020. ISSN 2684-7728. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/58020>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JMA.2020.v08.i01.p04.
Section
Articles