ANALISIS KEPUASAN RUMAH TANGGA PENERIMA RASKIN DI KABUPATEN TABANAN
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan rumah tangga penerima manfaat Raskin (RTS) terhadap Program Raskin dan menentukan kesenjangan antara harapan RTS dengan kinerja Program Raskin untuk setiap atribut kepuasan. Data primer diperoleh dari 60 responden penerima manfaat Raskin melalui kuesioner dan wawancara. Penentuan responden secara acak sederhana. Metode analisis IPA (importance performan analysis) dan CSI (customer satisfaction index) dengan 24 variabel digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kepuasan RTS terhadap pengelolaan program Raskin di Kabupaten Tabanan termasuk dalam kategori puas, dan atribut penting yang belum sesuai dengan keinginan RTS adalah jumlah dan mutu beras. Untuk meningkatkan efektivitas Raskin, dilakukan dengan pemeringkatan variable indicator prioritas yang paling urgent untuk segera ditindaklanjuti sebagai strategi pelayanan Program Raskin.