FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI PADI SRI

  • A Faroby Falatehan Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, Bogor, Indonesia
  • Jamal Othman Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Kebangsaan Malaysia, Malaysia

Abstract

Sistem Intensifikasi Padi (SRI) menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan sistem konvensional, penerapan SRI di kalangan petani di Indonesia masih sangat rendah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi SRI. Penelitian ini mensurvei sekitar 360 petani padi di daerah penghasil padi terbesar di Jawa Barat,yaitu Subang dan Karawang. Responden dikelompokkan menjadi petani SRI dan nonSRI.Hasil studi menemukan bahwa analisis fungsi produksi menunjukkan bahwa variabel dummySRI memiliki peran penting dalam meningkatkan produksi bagi petani SRI, namun semua faktor produksi SRI tidak signifikan. Baik SRI maupun non SRI menunjukkan penurunan hasil pada skala teknologi produksi. Ini menyiratkan bahwa kedua sistem menunjukkan penurunan biaya rata-rata dalam jangka panjang.Temuan dari penelitian ini digunakan sebagai dasar perumusan kebijakan dan pengembangan pertanian SRI di Indonesia.


 


 


 


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-31
How to Cite
FALATEHAN, A Faroby; OTHMAN, Jamal. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI PADI SRI. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 52-58, oct. 2017. ISSN 2684-7728. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/38563>. Date accessed: 01 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JMA.2017.v05.i02.p09.
Section
Articles