Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Membangun Karakter Profil Pelajar Pancasila Berlandaskan Tri Hita Karana di SD
Abstract
Salah satu prestasi terpenting pendidikan adalah pembangunan karakter dan perilaku berbasis Pancasila yang mampu mengharumkan nama daerah dan bangsanya. Saat ini pendidikan harus disesuaikan dengan konsep kurikulum saat ini, yaitu kurikulum Merdeka, agar dapat menghasilkan peserta didik yang kreatif, imajinatif, dan berkarakter. Karena Tri Hita Karana memiliki tujuan yang konsisten untuk mencapai kebahagiaan atau keharmonisan dalam hidup, maka sangat konsisten dengan membangun Profil Karakter peserta didik Pancasila, yang merupakan salah satu tujuan penerapan Kurikulum Merdeka. Pembelajaran saat ini sangat dekat dengan perubahan teknologi, oleh karena itu penting untuk menyeimbangkan siswa dalam mengelola harmoni hidup untuk membangun karakter siswa dengan gagasan Tri Hita Karana.