Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Membangun Karakter Profil Pelajar Pancasila Berlandaskan Tri Hita Karana di SD

  • Defa Defa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Sutaja Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suja Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Salah satu prestasi terpenting pendidikan adalah pembangunan karakter dan perilaku berbasis Pancasila yang mampu mengharumkan nama daerah dan bangsanya. Saat ini pendidikan harus disesuaikan dengan konsep kurikulum saat ini, yaitu kurikulum Merdeka, agar dapat menghasilkan peserta didik yang kreatif, imajinatif, dan berkarakter. Karena Tri Hita Karana memiliki tujuan yang konsisten untuk mencapai kebahagiaan atau keharmonisan dalam hidup, maka sangat konsisten dengan membangun Profil Karakter peserta didik Pancasila, yang merupakan salah satu tujuan penerapan Kurikulum Merdeka. Pembelajaran saat ini sangat dekat dengan perubahan teknologi, oleh karena itu penting untuk menyeimbangkan siswa dalam mengelola harmoni hidup untuk membangun karakter siswa dengan gagasan Tri Hita Karana.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-13
How to Cite
DEFA, Defa; SUTAJA, I Made; SUJA, I Wayan. Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Membangun Karakter Profil Pelajar Pancasila Berlandaskan Tri Hita Karana di SD. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), [S.l.], v. 12, n. 1, p. 063-068, july 2024. ISSN 2684-7728. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/110323>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JMA.2024.v12.i01.p06.