GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, MOTIVASI, DAN SUPERVISI PADA PERAWAT DALAM PELAKSANAAN KESELAMATAN PASIEN (PATIENT SAFETY) DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD SANJIWANI GIANYAR

  • Ni Putu Amanda Ayuning Krissita
  • I Ketut Suarjana

Abstract

ABSTRAK
Keselamatan pasien adalah dasar pelayanan kesehatan dan merupakan kewajiban yang harus diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan, sikap, motivasi, dan supervisi pada perawat dalam pelaksanaan patient safety di Instalasi Rawat Inap RSUD Sanjiwani Gianyar. Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan rancangan cross-sectional. Informan pada penelitian ini terdiri dari 127 perawat dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran pengetahuan baik (63,78%) sikap positif (51,97%), motivasi baik (53,54%) supervisi baik (66,14%) dan pelaksanaan keselamatan pasien baik (3,54%). Pengetahuan, motivasi, dan supervisi memiliki hubungan signifikan dalam pelaksanaan keselamatan pasien, Namun, variabel sikap tidak memiliki hubungan signifikan. Maka dari itu perlu dilakukannya berdasarkan hasil penelitian ini adalah melakuka pelatihan pedoman pelapran insiden keselamatan pasien kepada perawat dan memberikan sistem reward kepada perawat sesuai dengan kinerjanya dalam menerapkan keselamatan pasien.
Kata Kunci: Keselamatan Pasien, Motivasi, Pengetahuan, Sikap, dan Supervisi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-26
How to Cite
KRISSITA, Ni Putu Amanda Ayuning; SUARJANA, I Ketut. GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, MOTIVASI, DAN SUPERVISI PADA PERAWAT DALAM PELAKSANAAN KESELAMATAN PASIEN (PATIENT SAFETY) DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD SANJIWANI GIANYAR. ARCHIVE OF COMMUNITY HEALTH, [S.l.], v. 9, n. 3, p. 425 – 438, dec. 2022. ISSN 2527-3620. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ach/article/view/95745>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/ACH.2022.v09.i03.p06.
Section
Articles