ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP MUTU PELAYANAN PUBLIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KANTOR BPJS KESEHATAN KABUPATEN BADUNG

  • Ayuning Sekar Putri
  • Rina Listyowati
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/ACH.2022.v09.i01.p08

Abstrak

Kebijakan pembatasan sosial akibat pandemi COVID-19 telah berdampak pada terhambatnya berbagai layanan publik, salah satunya adalah pada layanan BPJS Kesehatan. Di tengah situasi pandemi, BPJS Kesehatan dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat yang ditinjau dari lima dimensi kualitas pelayanan, yaitu Responsiveness, Reliability, Assurance, Emphaty, dan Tangible. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 100 orang yang berkunjung ke kantor pelayanan, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode consecutive sampling. Hasil analisis univariat menunjukkan karakteristik responden di Kantor BPJS Kesehatan Kab. Badung mayoritas berusia antara 26 tahun hingga 50 tahun (62,00%), jenis kelamin laki-laki dan perempuan sama (50,00%), berpendidikan Sarjana (40,00%), status pekerja Pegawai Swasta (49,00%), dan berdomisili dari Kecamatan Mengwi (29,00%). Analisis bivariat menggunakan uji Chi-square menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kelima dimensi kualitas pelayanan dengan kepuasan masyarakat (p-value < 0,001). Sebagian besar responden kurang puas dengan pelayanan yang diberikan di Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Badung, sehingga pihak BPJS perlu memerhatikan beberapa dimensi yang masih memperoleh penilaian tidak puas dari responden, seperti aspek Tangible, sehingga kualitas pelayanan kepada masyarakat dapat terus ditingkatkan di masa pandemi COVID-19.


Kata Kunci : Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik, Pandemi COVID-19

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-04-21
##submission.howToCite##
PUTRI, Ayuning Sekar; LISTYOWATI, Rina. ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP MUTU PELAYANAN PUBLIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KANTOR BPJS KESEHATAN KABUPATEN BADUNG. ARCHIVE OF COMMUNITY HEALTH, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 114-126, apr. 2022. ISSN 2527-3620. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ach/article/view/85720>. Tanggal Akses: 15 oct. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/ACH.2022.v09.i01.p08.
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 > >>