ANALSIS RISIKO KESEHATAN AKIBAT PAPARAN KARBON MONOKSIDA PADA HARI KERJA DAN CAR FREE DAY DI KAWASAN JALAN RAYA PUPUTAN NITI MANDALA RENON DENPASAR TAHUN 2016

  • Fransisca Helen Yuniar Malau
  • Made Ayu Hitapretiwi

Abstract

ABSTRAK
Perubahan kualitas udara dapat diakibatkan oleh adanya sumber-sumber pencemaran, baik yang bersifat alami maupun karena kegiatan manusia. Salah satu kegiatan manusia yang menjadi sumber pencemaran udara adalah aktifitas manusia menggunakan kendaraan bermotor untuk transportasi. Hampir 60% dari polutan yang dihasilkan transportasi adalah gas karbon monoksida. Meningkatnya kadar emisi gas CO dalam udara dapat mempengaruhi kadar karbon monoksida pada udara ambien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui risiko kesehatan akibat paparan CO pada populasi berisiko di Kawasan Jalan Raya Puputan Niti Mandala renon Denpasar. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian desktriptif dengan metode ARKL. Sampel pada penelitian ini adalah konsentrasi CO pada hari kerja dan car free day, serta populasi berisiko (Juru Parkir, Satpam, Pedagang Kaki Lima, dan Polisi Lalu Lintas) di kawasan Jalan Raya Puputan Renon Denpasar. Penentuan sampel manusia menggunakan teknik purposif sampling dengan jumlah 60 responden, dengan kriteria bekerja di lokasi penelitian lebih dari setahun, usia pekerja, tidak merokok dan bersedia menjadi responden. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan wawancara kemudian dianalisis dengan metode ARKL dan di olah menggunakan Microsoft Excel 2016 dan IBM SPSS Versi 18,00. Hasil penelitian ini menunjukkan konsentrasi CO rata-rata pada hari kerja di kawasan Jalan Raya Puputan Renon Denpasar sebesar 7,69 ?g/m3 dan pada saat Car Free Day sebesar 0,16 ?g/m3. Semua konsentrasi CO masih di bawah nilai baku mutu. Nilai Intake (I) dan Risiko Questiens (RQ) tertinggi terhadap paparan CO terdapat pada hari kerja di kelompok Juru Parkir dengan mean Intake (I) sebesar 1,529x10-4 mg/kg/hari dan nilai Risiko Questiens (RQ) sebesar 1,98x10-5. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Nilai Intake (I) untuk risk agent CO di Kawasan Jalan Raya Puputan Niti Mandala Renon Denpasar tahun 2016 baik real time maupun life span pada hari kerja nilainya lebih tinggi dibandingkan pada saat Car Free Day.Nilai RQ hasil penelitian ? 1, artinya paparan risk agent CO belum menunjukkan risiko kesehatan nonkarsinogenik pada populasi berisiko.
Kata kunci : Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan, Co, Hari Kerja, Car Free Day

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-18
How to Cite
MALAU, Fransisca Helen Yuniar; HITAPRETIWI, Made Ayu. ANALSIS RISIKO KESEHATAN AKIBAT PAPARAN KARBON MONOKSIDA PADA HARI KERJA DAN CAR FREE DAY DI KAWASAN JALAN RAYA PUPUTAN NITI MANDALA RENON DENPASAR TAHUN 2016. ARCHIVE OF COMMUNITY HEALTH, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 19-26, mar. 2020. ISSN 2527-3620. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ach/article/view/58519>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/ACH.2018.v05.i01.p03.
Section
Articles