ANALISIS RISIKO PAJANAN MERKURI (HG) PADA IKAN LAUT YANG DIKONSUMSI OLEH NELAYAN DI PANTAI AMED DAN PANTAI SANUR, BALI

  • Ida Ayu Putri Widya Lestari
  • Made Ayu Hitapretiwi Suryadhi

Abstract

Merkuri (Hg) merupakan logam berat yang berbahaya dan beracun. Penggunaan merkuri yang tidak disertai dengan pengelolaan limbah dan kemampuan merkuri untuk terakumulasi di dalam lingkungan berkontribusi terhadap peningkatan emisi merkuri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kandungan merkuri pada hasil laut dan risikonya terhadap masyarakat di sekitar Pantai Amed Karangasem dan Pantai Sanur Denpasar yang terletak di Provinsi Bali. Penelitian menggunakan pendekatan analisis risiko kesehatan lingkungan (ARKL), dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan teknik pemilihan responden simple random sampling. Sampel merupakan jenis ikan yang dominan dikonsumsi oleh subjek penelitian di masing-masing lokasi penelitian, dan responden atau subjek penelitian yang digunakan yakni nelayan. Penentuan kadar Hg dilakukan dengan Spektrofotometer Serapan Atom (AAS). Hasil uji menunjukkan rata-rata kandungan Hg pada sampel yang berasal dari Pantai Sanur sebesar 0,162 µg/g, lebih tinggi bila dibandingkan dengan sampel dari Pantai Amed sebesar 0,024 µg/g. Berdasarkan analisis risiko diperoleh nilai risk quotient sebesar 1,09 (RQ > 1) untuk respondent dari Pantai Sanur dan risk quotient sebesar 0,18 (RQ ? 1) untuk respondent dari Pantai Amed.


Seluruh sampel ikan yang diuji terdeteksi mengandung Hg namun, belum melewati ambang batas aman. Berdasarkan perhitungan analisis risiko, kandungan Hg pada sampel ikan dari Pantai Sanur berpotensi menimbulkan risiko kesehatan bagi responden yang mengonsumsinya, namun diperlukan adanya penelitian lanjutan untuk memastikan hasil tersebut.


Kata kunci : merkuri, ikan, nelayan, ARKL.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-29
How to Cite
LESTARI, Ida Ayu Putri Widya; SURYADHI, Made Ayu Hitapretiwi. ANALISIS RISIKO PAJANAN MERKURI (HG) PADA IKAN LAUT YANG DIKONSUMSI OLEH NELAYAN DI PANTAI AMED DAN PANTAI SANUR, BALI. ARCHIVE OF COMMUNITY HEALTH, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 10-18, aug. 2019. ISSN 2527-3620. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ach/article/view/52534>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/ACH.2017.v04.i01.p03.
Section
Articles