FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PETUGAS LAYANAN JALAN TOL DI RUAS X
Abstract
ABSTRAK
Perilaku dalam menggunakan APD terbentuk oleh tiga faktor yaitu faktor predisposisi, faktor pemungkin, dan faktor pendorong. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku penggunaan APD pada Petugas LJT di ruas X. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain analitik melalui pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yakni 50 orang. Mayoritas perilaku penggunaan APD pada petugas layanan jalan tol sudah baik dengan proporsi 64%. Faktor yang berhubungan dengan perilaku penggunaan APD diantaranya faktor predisposisi (sikap p=0,04 dan usia p=0,04), faktor pemungkin (kenyamanan APD, p=0,01), dan faktor pendorong (pengawasan, p=0,03). Faktor yang tidak berhubungan adalah pengetahuan (p=0,77), ketersediaan APD (p= 0,09), kebijakan perusahaan (p=0,24), masa kerja (p=0,37), dan pendidikan (p=0,83). Diharapkan petugas LJT untuk lebih meningkatkan kesadaran bahwa perilaku dan sikap dalam menggunakan APD yang kurang baik dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain, serta diharapkan lebih peduli terhadap APD yang sudah tidak layak pakai, kurang nyaman, dan mulai berkurang fungsinya sehingga segera dilakukan pengajuan penggantian APD pada perusahaan.
Kata Kunci: Petugas Layanan Jalan Tol, APD, Alat Pelindung Diri, Perilaku
ABSTRACT
Behavior in using PPE is formed by three factors, namely predisposing factors, enabling factors, and driving factors. The general purpose of this study was to determine the factors related to the behavior of using PPE in LJT officers in section X. This study was a quantitative study with an analytical design through a cross sectional approach. The sampling technique used a total sampling technique of 50 people. The majority of the behavior of using PPE on toll road service officers is good with a proportion of 64%. Factors related to the behavior of using PPE include predisposing factors (attitude p=0.04 and age p=0.04), enabling factors (PPE comfort, p=0.01), and motivating factors (supervision, p=0.03 ). The unrelated factors were knowledge (p=0.77), availability of PPE (p=0.09), company policy (p=0.24), years of service (p=0.37), and education (p=0 ,83). It is hoped that LJT officers will further increase awareness that behavior and attitudes in using PPE that are not good can endanger themselves and others, and are expected to be more concerned about PPE that is no longer suitable for use, less comfortable, and starting to decrease in function so that a request for PPE replacement is immediately made. on the company.
Keywords: Toll Road Service Officers, Behavior, PPE, Personal Protective Equipment