GAMBARAN PERSEPSI PENGGUNA FITUR RESERVASI RAWAT JALAN PADA APLIKASI SIPRAJA RUMAH SAKIT BHAYANGKARA DENPASAR

  • Dewa Ayu Risma Adhi Pramita Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Pande Putu Januraga Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

ABSTRAK


Permintaan pelayanan rawat jalan semakin meningkat. RS Bhayangkara Denpasar telah menerapkan sistem pendaftaran daring dengan adanya fitur reservasi rawat jalan pada aplikasi SIPRAJA sebagai salah satu upaya meningkatkan pelayanan. Namun masih dijumpai antrian panjang di loket pendaftaran. Salah satu metode untuk melihat persepsi pasien pengguna dalam penggunaan aplikasi SIPRAJA untuk mengetahui permasalahan yang terjadi adalah PIECES Framework. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi pasien pengguna terhadap fitur reservasi rawat jalan pada aplikasi SIPRAJA di Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar. Penelitian dilakukan dengan melakukan wawancara pada 16 pengguna aplikasi SIPRAJA. Hasil penelitian diperoleh bahwa kinerja fitur reservasi rawat jalan baik, informasi yang sesuai, memberikan keuntungan ekonomi, keamanan perlu ditingkatkan, sudah mempercepat proses pendaftaran, dan pelayanan mudah. Penerapan fitur reservasi rawat jalan sesuai dengan prosedur pertukaran data sistem antrian online oleh Ditjen Pelayanan Kesehatan dan standar penerimaan pasien yang ditetapkan oleh Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar. Persepsi pasien pengguna terhadap fitur reservasi rawat jalan berdasarkan aspek PIECES baik. Pengguna puas dengan adanya fitur reservasi rawat jalan.


Kata Kunci: Pendaftaran rawat jalan, persepsi pengguna, PIECES Framework


 


ABSTRACT


The demand for outpatient services is increasing. Bhayangkara Denpasar Hospital has implemented an online registration system with the outpatient reservation feature on the SIPRAJA application as an effort to improve service. However, there are still long queues at the registration counter. One method to see patient user perceptions in using the SIPRAJA application to find out the problems that occur is the PIECES Framework. This research is a descriptive qualitative research. This study aims to describe the patient's perception of the outpatient reservation feature on the SIPRAJA application at Bhayangkara Hospital, Denpasar. The research was conducted by conducting interviews with 16 users of the SIPRAJA application. The results showed that the performance of the outpatient reservation feature is good, the information is appropriate, provides economic benefits, security needs to be improved, has accelerated the registration process, and easy service. The implementation of the outpatient reservation feature is in accordance with the online queuing system data exchange procedure by the Directorate General of Health Services and patient acceptance standards set by Bhayangkara Denpasar Hospital. User patient perception of the outpatient reservation feature based on the PIECES aspect is good. Users are satisfied with the outpatient reservation feature.


Keywords: Outpatient registration, user perception, PIECES Framework

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-01
How to Cite
RISMA ADHI PRAMITA, Dewa Ayu; PUTU JANURAGA, Pande. GAMBARAN PERSEPSI PENGGUNA FITUR RESERVASI RAWAT JALAN PADA APLIKASI SIPRAJA RUMAH SAKIT BHAYANGKARA DENPASAR. ARCHIVE OF COMMUNITY HEALTH, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 503 - 523, aug. 2024. ISSN 2527-3620. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ach/article/view/122539>. Date accessed: 09 jan. 2025.
Section
Articles