GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL YANG MENERAPKAN SELF HYNOSIS DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PUSKESMAS KEDIRI II TABANAN

  • Ida Ayu Putu Ekawiyadnyani
  • Ni Komang Yuni Rahyani
  • Ni Wayan Suarniti

Abstract

Kecemasan ibu hamil mengakibatkan persalinan lama, inersia uteri, perdarahan pasca persalinan, dan kematian pada bayi. Self hypnosis merupakan authohypnosis bermakna sebagai upaya terprogram yang dilakukan sendiri dengan memasukan program-program positif untuk meningkatkan faktor positif diri sendiri. Tujuan penelitian mengetahui gambaran tingkat kecemasan ibu hamil yang menerapkan self hypnosis di UPTD Puskesmas Kediri II. Jenis penelitian deskriptif yang mendeskripsikan tingkat kecemasan ibu hamil yang menerapkan self hypnosis berdasarkan karakteristik sosiodemografi dan dukungan suami. Penelitian dilaksanakan pada  bulan Maret hingga April 2023. Teknik sampling yaitu total sampling sebanyak 40 responden. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Jenis data adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan 57,5% ibu hamil berusia 20-35 tahun tidak mengalami kecemasan, 47,5% ibu hamil berpendidikan menengah tidak mengalami kecemasan, 40% responden merupakan multigravida tidak mengalami kecemasan, 45% ibu hamil dengan ekonomi sejahtera tidak mengalami kecemasan dan 50% ibu hamil dengan dukungan suami positif tidak mengalami kecemasan. Tenaga kesehatan diharapkan dapat memberikan informasi dan edukasi self hypnosis kepada ibu hamil untuk mengatasi kecemasan yang dapat timbul selama kehamilan.


Kata kunci: kecemasan, kehamilan, self hypnosis

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ida Ayu Putu Ekawiyadnyani

Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Denpasar

Ni Komang Yuni Rahyani

Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Denpasar

Ni Wayan Suarniti

Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Denpasar

Published
2024-04-28
How to Cite
EKAWIYADNYANI, Ida Ayu Putu; RAHYANI, Ni Komang Yuni; SUARNITI, Ni Wayan. GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL YANG MENERAPKAN SELF HYNOSIS DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PUSKESMAS KEDIRI II TABANAN. ARCHIVE OF COMMUNITY HEALTH, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 217-227, apr. 2024. ISSN 2527-3620. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ach/article/view/114828>. Date accessed: 30 june 2024. doi: https://doi.org/10.24843/ACH.2024.v11.i01.p18.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)