GAMBARAN PERILAKU IBU HAMIL DALAM PEMANFAATAN BUKU KESEHATAN IBU DAN ANAK DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PUSKESMAS BANJARANGKAN I KLUNGKUNG

  • Ni Luh Sumi Cahyanti
  • I Gusti Agung Ayu Novya Dewi
  • Ni Wayan Armini

Abstract

ABSTRAK
Rendahnya tingkat literasi ibu hamil mengenai pemanfaatan Buku KIA yang hanya berfungsi sebagai alat mencatat bagi provider kesehatan menjadi hambatan membentuk dan merubah perilaku kesehatan. Output yang diharapkan yaitu peningkatan pengetahuan tentang Antenatal Care serta dalam periode yang panjang adanya perilaku kesehatan ibu dapat berubah menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran perilaku ibu hamil dalam pemanfaatan Buku KIA di Unit Pelaksana Teknis Daerah Puskesmas Banjarangkan I Klungkung. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif observasional. Penelitian dilaksanakan pada bulan Pebruari-Mei 2023. Jumlah sampel sebanyak 66 responden. Teknik pengumpulan sampel dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 42,4% ibu hamil memiliki pengetahuan cukup, 75,8% ibu hamil memiliki sikap yang positif dalam pemanfaatan buku KIA, 84,8% ibu hamil melakukan tindakan dalam pemanfaatan buku KIA. Diharapkan semua pihak terkait dapat mendukung pemanfaatan buku KIA bagi kesehatan ibu hamil dan kandungannya.
Kata kunci: Buku Kesehatan Ibu dan Anak, perilaku ibu hamil

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-22
How to Cite
CAHYANTI, Ni Luh Sumi; DEWI, I Gusti Agung Ayu Novya; ARMINI, Ni Wayan. GAMBARAN PERILAKU IBU HAMIL DALAM PEMANFAATAN BUKU KESEHATAN IBU DAN ANAK DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PUSKESMAS BANJARANGKAN I KLUNGKUNG. ARCHIVE OF COMMUNITY HEALTH, [S.l.], v. 10, n. 3, p. 411 - 420, dec. 2023. ISSN 2527-3620. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ach/article/view/110883>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/ACH.2023.v10.i03.p03.