Pengembangan Model Ontologi Pada Domain Bimbingan Belajar

  • Komang Kartika Noviyanti Universitas Udayana
  • Luh Gede Astuti Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/JLK.2023.v12.i01.p15

Abstrak

Peran pendidikan sangat berpengaruh terhadap kualitas peserta didik. Pendidikan memiliki peran penting dalam mengembangkan keterampilan dan keterampilan yang membentuk watak dan peradaban bangsa yang tepat sesuai konteksnya. Namun permasalahan yang dihadapi saat ini adalah kualitas siswa yang semakin menurun, menjadikan kualitas sumber daya manusia dari segi pola pikir. Jadi, penyebaran informasi tentang bimbingan belajar akan membantu meningkatkan hasil belajar, memberikan nilai kepada siswa untuk meningkatkan kemampuannya sesuai dengan bidang minatnya. Untuk itu, pembangunan tutoring perlu menggunakan konsep ontologi semantik. Metode pengembangan ontologi yang digunakan adalah Methodology. Metode ini merupakan salah satu metode membangun model ontologi yang dapat digunakan kembali untuk ontologi yang dibangun untuk penelitian selanjutnya. Model pengembangan ontologi bimbingan menghasilkan 23 kelas, 9 properti objek, 8 properti data, dan 71 individu atau instance di setiap kelas. Proses evaluasi ontologi dengan melakukan query SPARQL juga memberikan hasil yang sesuai.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-01-26
##submission.howToCite##
NOVIYANTI, Komang Kartika; ASTUTI, Luh Gede. Pengembangan Model Ontologi Pada Domain Bimbingan Belajar. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 12, n. 1, p. 135-144, jan. 2023. ISSN 2654-5101. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/92610>. Tanggal Akses: 18 dec. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2023.v12.i01.p15.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 3 > >>