Rancang Bangun Portal Lowongan Pekerjaan Berbasis Web Dengan Fitur Rekomendasi

  • Ida Bagus Gede Dwidasmara
  • I Putu Yuda Juniantara Putra Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Matermatika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana Jalan Raya Kampus Unud, Badung, 08361, Bali, Indonesia
  • I Putu Gede Hendra Suputra
  • Agus Muliantara
  • I Gusti Agung Gede Arya Kadyanan
  • I Wayan Supriana

Abstract

Tingginya tingkat pengangguran di Indonesia yang disebabkan oleh dampak pertumbuhan penduduk yang padat dan sulitnya mencari pekerjaan yang mengakibatkan pertumbuhan ekonomi tidak stabil menjadi tantangan bagi pemerintah untuk menanggulangi masalah pengangguran. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat pengangguran yang tinggi adalah penyebaran informasi lowongan kerja yang kurang merata. Pelamar kerja sering kesulitan untuk mendapatkan informasi pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki.


Dengan dibuatnya sistem rekomendasi lowongan kerja, diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang dialami seorang pelamar yang ingin melamar pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya. Dengan menggunakan algoritma euclidean distance, sistem diharapkan dapat memberikan hasil rekomendasi berdasarkan beberapa parameter yang sesuai dengan keinginan pelamar. Parameter yang dimaksudkan adalah usia, jenis kelamin, pendidikan, jurusan, gaji, keterampilan, pengalaman kerja, dan kategori pekerjaan yang diinginkan.


Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu berdasarkan hasil pengujian precision recall sistem rekomendasi lowongan kerja menggunakan metode euclidean distance menghasilkan nilai precision sebesar 0,94 atau 94% dan nilai recall sebesar 0,94 atau 94%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-13
How to Cite
GEDE DWIDASMARA, Ida Bagus et al. Rancang Bangun Portal Lowongan Pekerjaan Berbasis Web Dengan Fitur Rekomendasi. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 10, n. 3, p. 297-306, june 2022. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/87134>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2022.v10.i03.p06.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>