Implementasi Aplikasi Enkripsi Dan Dekripsi Objek 3 Dimensi Menggunakan Algoritma Blowfish

  • Barneci Henderika Nuboba Unud
  • I Gst Ngurah Anom Cahyadi Putra
  • I Ketut Gede Suhartana

Abstract

Kemajuan Teknologi Digital telah mempengaruhi cara berpikir dalam desain pada Arsitektur. Sekarang banyak Arsitek yang menggunakan software tidak hanya sebagai alat menggambar objek 2 dimensi tetapi telah berkembang menjadi alat untuk menggambar objek 3 dimensi (modeling) dan presentasi multimedia. 3 dimensi modeling telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam proses desain arsitektur. 3 dimensi semakin sering digunakan karena didapati informasi secara utuh dan akurat sesuai keadaan nyata. Dengan begitu banyaknya perkembangan yang terjadi di dunia arsitektur, keamanan pada objek 3 dimensi sangat dibutuhkan mengingat telah terjadi banyak kasus plagiarisme desain arsitektur.


Berdasarkan hasil survey yang dilakukan di 72 Perguruan Tinggi di Indonesia oleh Tim Alumni Reference Group (ARG), disebutkan bahwa masih banyak yang belum mengetahui dan menyadari tentang plagiarisme sehingga mereka sering tidak menyadari jika telah melakukan tindakan plagiarisme, selain itu juga masih adanya mindset atau persepsi yang keliru dan menganggap bahwa mengambil atau mencuri ide, hak cipta dan hak intelektual seseorang bukan merupakan masalah serius atau mungkin sudah lazim (Mochtar, 2014).


Dengan latar belakang di atas, penulis memilih judul "Keamanan Objek 3 Dimensi menggunakan Algoritma Blowfish” dimana penulis mengimplementasikan ilmu kriptografi untuk mengamankan data berupa desain arsitektur objek 3 dimensi agar terhindar dari praktek plagiarism menggunakan algoritma blowfish.


Kata Kunci: kriptografi, enkripsi, dekripsi, objek 3 dimensi, algoritma blowfish

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-07
How to Cite
NUBOBA, Barneci Henderika; ANOM CAHYADI PUTRA, I Gst Ngurah; GEDE SUHARTANA, I Ketut. Implementasi Aplikasi Enkripsi Dan Dekripsi Objek 3 Dimensi Menggunakan Algoritma Blowfish. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 8, n. 3, mar. 2020. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/58097>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2020.v08.i03.p21.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>