Proteksi Aplikasi Pesan SMS Berbasis Mobile Android Dengan Algoritma AES 256 dan Steganografi LSB

  • Aan Masduki
  • I Ketut Gede Suhartana

Abstract

Perkembangan teknologi dalam beberapa tahun terakhir sangat cepat dan pesat, salah satunya adalah perkembangan smartphone. Dengan banyak nya fitur-fitur yang disediakan smartphone saat ini menjadikan hidup lebih mudah. Salah satu aplikasi dalam smartphone yang mempermudah hidup kita adalah  kita sekarang tidak perlu pergi jauh-jauh lagi untuk berkomunikasi antar sesama teman atau keluarga.


Salah satu aplikasi untuk berkomunikasi adalah menggunakan aplikasi pesan atau SMS. Seiring dengan perkembangan tersebut, tingkat keamanan atau kerahasiaan data juga semakin lemah karena orang sekarang semakin pintar. Orang dapat dengan mudah melakukan pencurian data, mengubah bahkan mengganti informasi data yang disampaikan.Untuk itu diperlukan teknik untuk menyembunyikan data, dengan harapan agar data yang sifatnya rahasia tidak diketahui oleh orang yang tidak berkepentingan.


Salah satu cara untuk mengamankan pesan yang dikirim dan mencegah agar pesan kita tetap aman adalah menggunakan ilmu kriptografi atau penyandian dan steganografi. Algoritma AES merupakan salah satu ilmu kriptografi yang penulis gunakan untuk proses enkripsi dan dekripsi. Setelah pesan dienkripsi, hasil chipertext akan disisipkan kedalam gambar menggunakan salah satu metode steganografi yaitu steganografi LSB. Diharapkan dengan menggunakan kedua algortima dapat mengamankan pesan yang dikirim sehingga pesan dapat sampai tujuan dengan aman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-17
How to Cite
MASDUKI, Aan; GEDE SUHARTANA, I Ketut. Proteksi Aplikasi Pesan SMS Berbasis Mobile Android Dengan Algoritma AES 256 dan Steganografi LSB. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 7, n. 3, p. 203-210, mar. 2019. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/46435>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2019.v07.i03.p10.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>