APLIKASI MODEL TAM PADA PENGGUNAAN E-NEWSPAPER DI KOTA DENPASAR

  • Agus Daging Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Made Wardana Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana
  • Putu Yudi Setiawan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

E-newspaper merupakan suatu teknologi dalam industri media masa yang mengemas surat kabar Harian regional kedalam versi elektronik dan ditampilkan secara online melalui teknologi internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh perceive ease of use dan perceive usefulness terhadap attitude toward using e-newspaper dan actual usage e-newspaper yang merupakan bagian dari Technology Acceptance Model (TAM). Populasi dari penelitian ini adalah pengguna e-newspaper di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling dengan cara memberikan kuesioner kepada 100 responden di Kota Denpasar. Pemilihan Kota Denpasar sebagai tempat penelitian karena rata-rata masyarakat Kota Denpasar memiliki alat yang mendukung untuk mengakses e-newspaper seperti laptop ataupun smartphone. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perceive ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude toward using e-newspaper, perceive usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude toward using e-newspaper, perceive ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap actual usage e-newspaper, perceive usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap actual usage e-newspaper, dan attitude toward using e-newspaper berpengaruh positif dan signifikan terhadap actual usage e-newspaper. Implikasi dari penelitian ini adalah memperluas teori Technology Acceptance Model (TAM) yang dikemukakan oleh Davis (1989) dan dapat dijadikan pedoman bagi perusahaan pers dalam mengadopsi teknologi e-newspaper. Untuk mengembangkan penelitian ini dimasa mendatang direkomendasikan menambahkan satu variabel yaitu kesadaran lingkungan. E-newspaper yang mudah dimengerti dan interaktif akan membuat para pembaca berita terkini lebih sering menggunakan e-newspaper.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-25
How to Cite
DAGING, Agus; WARDANA, I Made; SETIAWAN, Putu Yudi. APLIKASI MODEL TAM PADA PENGGUNAAN E-NEWSPAPER DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], july 2016. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/15892>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Actual usage e-newspaper, attitude toward using e-newspaper, e-newspaper, perceive ease of use, perceive usefulness, technology acceptance model

Most read articles by the same author(s)