PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA PT. BPR SRI ARTHA LESTARI DENPASAR)

  • I Made Adi Suryadharma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gede Riana
  • Desak Ketut Sintaasih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepemimpinan dan kompensasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja serta pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan PT. BPR Sri Artha Lestari – Denpasar. Populasi penelitian ini sebanyak 194 orang dan sampel 66 orang, yang ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis).

Berdasarkan hasil analisis jalur menunjukkan kepemimpinan dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan, kompensasi dan kepuasan kerja karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Pimpinan yang memberikan kesempatan pada karyawannya dalam merumuskan tujuan perusahaan dan pemberian insentif yang adil serta transparan sesuai dengan prestasi kerja yang dicapai diketahui dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Berdasarkan hasil temuan ini maka perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kinerja karyawan yang dapat dilakukan dengan melakukan usaha yang terarah dan terpadu serta dilaksanakan dengan konsisten dan berkesinambungan agar dapat mencapai kepuasan kerja sehingga dapat mempengaruhi kinerja karyawan.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-03-13
How to Cite
ADI SURYADHARMA, I Made; RIANA, I Gede; SINTAASIH, Desak Ketut. PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA PT. BPR SRI ARTHA LESTARI DENPASAR). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], mar. 2016. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/14155>. Date accessed: 24 june 2022.
Section
Articles

Keywords

kepemimpinan, kompensasi, kepuasan kerja, dan kinerja karyawan

Most read articles by the same author(s)