A PENYELESAIAN KONFLIK AKIBAT PERJANJIAN NOMINEE DALAM PERSPEKTIF ADR

INDONESIA

  • DEDY ARYA DIRAWAN MAGISTER KENOTARIATAN

Abstract

Indonesia   sebagai   Negara   kepulauan   yang   kekayaan alamnya telah  diakui oleh  dunia  Internasional sangat  menarik minat  banyak  wisatawan  (warga  negara  asing). Berbagai  macam  tujuan  orang asing   itu   pada   saat   melakukan   kegiatannya   di   Indonesia, mendorong  keinginan orang asing untuk mempunyai tempat tinggal di Indonesia. Orang asing yang memilih untuk bertempat tinggal di Indonesia dapat menimbulkan dampak positif bagi perkembangan perekonomian  di  Indonesia  salah  satunya  dengan  melakukan investasi di Indonesia.


Adapun tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penyelesaian konflik akibat perjanjian  nominee dalam perspektif Alternatif Dispute Resolution disebut (ADR) dan Untuk memahami bagaimana kekuatan hukum penyelesaian konflik akibat perjanjian nominee melalui mediasi bagi para pihak yang bersengketa.


Penelitian ini mengenai penyelesaian sengketa hak milik atas tanah akibat perjanjian nominee antara Warga Negara Indonesia dengan Warga Negara Asing melalui mediasi dalam perspektif ADR. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penelitian adalah menggunakan penelitian hukum normatif yaitu  lebih mengacu pada norma-norma hukum yang terdapat di dalam peraturan perundang-undangan, peraturan pemerintah,  UUPA, Pasal 58 UU No 48 Tahun 2009, dan UU No. 30 Tahun 1999.


Penyelesaian konflik akibat perjanjian nominee dalam perspektif ADR memberikan kesempatan bagi kedua belah pihak untuk menyelesaikan sengketanya secara damai. Kesepakatan tersebut didaftarkan ke pengadilan negeri, terakhir pelaksanaan akta perdamaian yang dilaksanakan oleh kedua belah pihak dengan itikad baik. Hasil isi kesepakatan yang sudah didaftarkan ke Pengadilan Negeri memiliki kekuatan hukum eksekutorial. Akta perdamaian seperti putusan biasa yakni dapat diminta eksekusi jika suatu saat nanti salah satu pihak tidak mentaatinya, tidak dapat dibanding dan bersifat final mengikat kedua belah pihak.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-28
How to Cite
DIRAWAN, DEDY ARYA. A PENYELESAIAN KONFLIK AKIBAT PERJANJIAN NOMINEE DALAM PERSPEKTIF ADR. Acta Comitas : Jurnal Hukum Kenotariatan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 37-52, apr. 2020. ISSN 2502-7573. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ActaComitas/article/view/57129>. Date accessed: 02 june 2020. doi: https://doi.org/10.24843/AC.2020.v05.i01.p04.
Section
Articles