STRATEGI PEMASARAN “URUTAN” SEBAGAI OLEH-OLEH KHAS BALI (STUDI KASUS PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA “URUTAN” DI KABUPATEN BADUNG BALI)

  • WULAN S., N. M. M. Program Studi Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
  • B. R. T. PUTRI Program Studi Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasa
  • I W. SUKANATA Program Studi Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar

Abstract

fPenelitian  ini bertujuan  untuk  menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran “urutan”, menentukan posisi industri rumah tangga “urutan” di dalam industri oleh-oleh khas Bali, dan merekomendasikan strategi pemasaran yang tepat bagi industri rumah tangga “urutan” di Kabupaten Badung. Penelitian ini dilakukan pada empat desa di Kabupaten Badung yang ditentukan secara purposive. Jumlah responden sebanyak 59 orang yang terdiri atas empat orang produsen, 50 orang konsumen, dan lima orang ahli. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan  data  sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan bantuan kuisioner. Analisis yang digunakan adalah 1) analisis internal dan eksternal perusahaan untuk menentukan faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan dengan menggunakan matriks IFE dan matriks EFE. Posisi perusahaan didalam industri ditentukan dengan menggunakan matriks IE, 2) analisis SWOT digunakan untuk menyusun alternatif strategi pemasaran “urutan” dan 3) analisis QSPM digunakan untuk menentukan prioritas strategi pemasaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa usaha “urutan” berada pada sel III (Pertahankan dan Pelihara) dalam matriks IE dengan nilai IFE 1,62 dan EFE 3,11 dengan strategi utama yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk. Terdapat sembilan alternatif strategi pemasaran “urutan” yaitu: menjadikan “urutan” sebagai oleh-oleh khas Bali, mengadakan kerjasama dengan toko oleh-oleh khas Bali dan travel, meningkatkan kualitas produk yang diproduksi, mengemas produk dengan baik dan menarik, menerapkan program penyuluhan bagi para produsen, membuat brosur dan iklan tentang keunggulan produk, menambah varian daging yang digunakan, membuat klasifikasi produk dengan tingkat lemak tertentu, dan meningkatkan jiwa wirausaha pengusaha. Strategi yang menjadi prioritas utama adalah meningkatkan kualitas produk dengan cara meningkatkan pengembangan produk serta penerapan teknologi tepat guna.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

WULAN S., N. M. M., Program Studi Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Program Studi Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
B. R. T. PUTRI, Program Studi Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasa
Program Studi Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
I W. SUKANATA, Program Studi Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Program Studi Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Published
2015-12-30
How to Cite
S., N. M. M., WULAN; PUTRI, B. R. T.; SUKANATA, I W.. STRATEGI PEMASARAN “URUTAN” SEBAGAI OLEH-OLEH KHAS BALI (STUDI KASUS PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA “URUTAN” DI KABUPATEN BADUNG BALI). Jurnal Peternakan Tropika, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 621-633, dec. 2015. ISSN 2722-7286. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/tropika/article/view/18625>. Date accessed: 20 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Urutan, Oleh-Oleh Khas Bali, Strategi Pemasaran, Industri Rumah Tangga