Desain Program Aplikasi Sistem Informasi Pendataan Pemanfaatan Aset Pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumberdaya Air Berbasis Teknologi Komputer Dengan Metode Active Learning

  • Diana Suteja Komputerisasi Akuntansi Universitas Widya Kartika
  • Andung Susan Doko S. Komputerisasi Akuntansi Universitas Widya Kartika

Abstract

Abstrak — Unit Pelaksana Teknis (UPT) PengelolaanSumberdaya Air memiliki fungsi utama adalah mengelola,mengawasi dan memelihara asset daerah yang berupa sumberdaya air dan aset lainnya serta mengendalikan masalah-masalahyang timbul. Aset-aset yang dimiliki UPT PengelolaanSumberdaya Air merupakan milik Pemerintah tetapi asettersebut dapat dimanfaatkan baik oleh perorangan maupunperusahaan dengan mengajukan ijin pemanfaatan aset terlebihdahulu kepada pihak UPT Pengelolaan Sumberdaya Air. Dalampemanfaatan aset tersebut maka ada ketetapan mengenairestribusi pemanfaatan aset. Regulasi yang berlaku untukpenentuan tarif restribusi adalah Peraturan Daerah Nomor 1Tahun 2012 tentang Restribusi Daerah lampiran Pasal 62mengenai Struktur dan Besarnya Tarif Restribusi Daerah untukDINAS PEKERJAAN UMUM PENGAIRAN. Penggunaanteknologi komputer telah terbukti membantu manusia dalamberbagai bidang dan sendi kehidupan tidak terkecualipemanfaatannya pada bidang manajemen data. Penyusunandesain program aplikasi sistem informasi pendataanpemanfaatan aset berbasis teknologi komputer diharapkan dapatmembantu dalam hal ketepatan dan kecepatan pencatatanpendataan pemanfaatan aset melihat luas cakupan area yangdibawah pengawasan pihak UPT Pengelolaan Sumberdaya Air.

Kata kunci — Pemanfaatan Aset; Teknologi Komputer;Aplikasi Sistem Informasi Pendataan Pemanfaatan Aset.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SUTEJA, Diana; DOKO S., Andung Susan. Desain Program Aplikasi Sistem Informasi Pendataan Pemanfaatan Aset Pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumberdaya Air Berbasis Teknologi Komputer Dengan Metode Active Learning. PROSIDING CSGTEIS 2013, [S.l.], june 2015. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/prosidingcsgteis2013/article/view/7252>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
D. Sofware Engineering and Information Systems