Desain Sistem Informasi Aplikasi Kuisioner Dengan Skala Guttman Atas Pengembangan Model Audit Pertanggungjawaban Sosial Berbasis Human- Centered Design

  • F. Priyo Suprobo Teknik Arsitektur Universitas Widya Kartika
  • Diana Suteja Komputerisasi Akuntansi Universitas Widya Kartika
  • Andung Susan Doko S. Komputerisasi Akuntansi Universitas Widya Kartika

Abstract

Abstrak — Sistem informasi berbasis teknologi telahmengubah segala aspek kehidupan baik dalam bidang politik,ekonomi, kebudayaan, dan ilmu pegetahuan. Aplikasi-aplikasiprogram operasional telah banyak diciptakan dengan tujuanmemberikan segala kemudahan dalam hal peningkatan kualitasinformasi. Pengolahan data menjadi suatu informasi yangberguna menjadi lebih cepat dan lebih akurat. Pengembangan program aplikasi juga semakin kreatif tidak terkecuali padabidang ekonomi akuntansi sub bidang auditing. Auditpertanggunjawaban sosial telah menjadi suatu kebutuhanentitas untuk melakukan pertanggungjawaban sosial tidak hanyasebatas pada pemberian materi (money) dan melakukankegiatan-kegiatan pertanggungjawaban sosial secara fisik dimasyarakat saja tetapi juga meliputi kesediaan penggungkapanprogram,-program pertanggunjawaban sosialnya kepada publik.Dalam penelitian ini, program aplikasi kuisioner yang didesainadalah hasil pengembangan model audit pertanggungjawabansosial dengan pendekatan human-centered design menggunakanskala Guttman untuk menghasilkan output scoring sehinggadapat menjadi salah satu alat bantu yang efektif dan efisienuntuk menarik kesimpulan atas hasil prosedur preliminarysurvey, sebelum tselanjutnya untuk mengekpolrasi sebagai salahsatu proses dari sekian kegiatan audit pertanggunjawaban sosial.

Kata kunci — Sistem Informasi Berbasis Teknologi, ProgramAplikasi Kuisioner, Skala Guttman, Human Centered Design,Audit Pertanggungjawaban Sosial.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SUPROBO, F. Priyo; SUTEJA, Diana; DOKO S., Andung Susan. Desain Sistem Informasi Aplikasi Kuisioner Dengan Skala Guttman Atas Pengembangan Model Audit Pertanggungjawaban Sosial Berbasis Human- Centered Design. PROSIDING CSGTEIS 2013, [S.l.], june 2015. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/prosidingcsgteis2013/article/view/7237>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
D. Sofware Engineering and Information Systems