THE PENAMBAHAN ELASTIC BANDAGE PADA INTERVENSI DIATERMI, ULTRASONIK DAN MASSAGE TRANSVERFRICTION DAPAT MENURUNKAN NYERI AKIBAT CEDERA LIGAMEN KOLATERAL MEDIAL LUTUT

  • Ida Bagus Ketut Surya Bagian Fisioterapi RSUD Wangaya Denpasar, Bali

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui penambahan elastic bandage pada kombinasi pemberian diatermi, US, dan massage transverfriction dapat menurunkan rasa nyeri pada pasien cedera ligamen kolateral medial lutut. Metode : Penelitian dilakukan dengan desain pre test and post test control group, dimana didapatkan jumlah sampel untuk kelompok kontrol dengan intervensi diatermi, US, dan massage transverfriction sebanyak 14 orang dan pada kelompok perlakuan dengan diatermi, US, massage transverfriction dan elastic bandage sebanyak 14 orang. Hasil : Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji beda dua rata-rata yaitu paired sample t-test pada kelompok kontrol didapatkan nilai p<0,05 (0,000) yang berarti terdapat perbedaan yang bermakna antara rata-rata nilai nyeri sebelum dan sesudah intervensi. Sedangkan pada kelompok perlakuan didapatkan nilai p<0,05 (0,000) yang berarti terdapat perbedaan yang bermakna antara rata-rata nilai nyeri sebelum dan sesudah intervensi. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji beda dua rata- rata yaitu independent sample t-test didapatkan nilai p<0,05 (0,000) yang berarti intervensi pada kelompok perlakuan (diatermi, US, massage transverfriction dan elastic bandage) lebih efektif secara signifikan dibandingkan dengan intervensi pada kelompok kontrol (diatermi, US, dan massage transverfriction) dalam menurunkan nyeri pada pasien cedera ligamen kolateral medial lutut. Kesimpulan : Penambahan elastic bandage pada kombinasi pemberian diatermi, US, dan massage transverfriction dapat menurunkan rasa nyeri pada pasien cedera ligamen kolateral medial lutut.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
KETUT SURYA, Ida Bagus. THE PENAMBAHAN ELASTIC BANDAGE PADA INTERVENSI DIATERMI, ULTRASONIK DAN MASSAGE TRANSVERFRICTION DAPAT MENURUNKAN NYERI AKIBAT CEDERA LIGAMEN KOLATERAL MEDIAL LUTUT. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 1, jan. 2014. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/8425>. Date accessed: 18 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2014.v02.i01.p01.

Keywords

MWD, US, transverse friction masasage, ligamen kolateral medial lutut, nyeri, elastic bandage