Optimalisasi Penyelesaian Knapsack Problem Dengan Algoritma Genetika
Abstrak
Permasalahan knapsack merupakan permasalahan yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Knapsack problem sendiri adalah sebuah permasalahan dimana seseorang dihadapkan pada permasalahan optimasi pada pemilihan benda yang dapat dimasukkan ke dalam wadah yang memiliki keterbatasan ruang atau daya tampung. Permasalahan knapsack problem dapat diselesaikan dengan berbagai algoritma optimasi, salah satunya menggunakan algoritma genetika. Algoritma genetika dalam penyelesaian masalah meniru teori evolusi mahluk hidup. Adapun komponen-komponen algoritma genetika tersusun dari populasi yang terdiri dari kumpulan individu-individu yang merupakan calon solusi dari permasalahan knapsack. Proses berjalannya evolusi dimulasi dari proses seleksi, pindah silang dan mutasi pada setiap individu sehingga diperoleh populasi baru. Proses evolusi akan dilakukan secara berulang sampai memenuhi kriteria optimal dari solusi yang dihasilkan. Permasalahan yang ditekankan pada penelitian ini adalah bagaimana cara menyelesaikan permasalahan knapsack dengan menerapkan algoritma genetika. Hasil yang diperoleh berdasarkan pengujian dari sistem yang dibangun, bahwa knapsack problem dapat mengoptimalkan penempatan barang-barang dalam wadah atau daya tampung yang tersedia. Optimalisasi permasalahan knapsack dapat maksimalkan dengan inputan parameter yang sesuai.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
[2] K. D. KW, M. Fadhli, and C. Sutanto, “Penyelesaian Knapsack Problem Menggunakan Algoritma Genetika,” Seminar Nasional Informatika, 2010, pp. 28–33.
[3] Suyanto, Evolutionary Computation: Komputasi Berbasis Evolusi dan Genetika. Bandung: Informatika, 2008.
[4] M. Hristakeva and D. Shrestha, “Solving the 0-1 knapsack problem with genetic algorithms,” Proceedings of the 37 Midwest Instruction and Computing Symposium, 2004, Morris, MN.
[5] S. Kusumadewi, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.
Kata Kunci
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Lontar Komputer as the publisher of the journal. Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, as well as translations. The reproduction of any part of this journal (printed or online) will be allowed only with written permission from Jurnal Lontar Komputer. The Editorial Board of Jurnal Lontar Komputer makes every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.