AUDIT TI UNTUK MENEMUKAN POLA BEST PRACTICE PENGELOLAAN TI PADA PERBANKAN (STUDI KASUS PT. BANK SYARIAH MANDIRI CABANG DENPASAR)

  • Shofwan Hanief

Abstract

Audit TI untuk Menemukan Pola Best PracticePengelolaan TI pada Perbankan(Studi Kasus PT. Bank Syariah Mandiri CabangDenpasar)Shofwan HaniefEmail : zwanhanf27@gmail.comAbstrakPT. Bank Syariah Mandiri cabang Denpasar sudah menggunakan TI untuk menunjang prosespelayanan yang dilakukan. Sampai saat ini TI yang ada belum pernah dilakukan penilaian sejauhmana proses-proses tersebut dapat berjalan dengan baik. Agar implementasi IT Governanceyang ada di PT. Bank Syariah Mandiri berlangsung secara efektif, organisasi perlu menilai sejauhmana IT Governance yang sekarang berlangsung dan mengidentifikasi peningkatan yang dapatdilakukan. Pengunaan model maturity (kematangan) dalam hal ini akan memudahkan dalampenilaian dengan cara pendekatan yang terstruktur terhadap skala yang mudah dimengerti dankonsisten. Salah satu alat yang digunakan untuk IT Governance adalah COBIT (ControlObjectives for Information and Related Technology) yaitu suatu model standar pengelolaan TIyang dapat membantu pihak manajemen dan pemakai untuk menjembatani kesenjangan antararesiko bisnis, kebutuhan kontrol, dan permasalahan teknis.Analisis untuk tingkat kematangandilakukan dengan cara membandingkan tingkat kematangan yang ada pada saat ini dengantingkat kematangan yang dituju.Tingkat kematangan saat ini (current maturity level) untuk setiapproses yang ada pada domain Deliver and Support rata-rata berada pada level 2, walaupun adasebagian kecil yang berada di level 3, bahkan di level 1. Hal ini dapat dikatakan bahwa prosestata kelola TI di PT. Bank Syariah Mandiri cabang Denpasar sudah dilakukan tetapi belumberjalan secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-11-27
How to Cite
HANIEF, Shofwan. AUDIT TI UNTUK MENEMUKAN POLA BEST PRACTICE PENGELOLAAN TI PADA PERBANKAN (STUDI KASUS PT. BANK SYARIAH MANDIRI CABANG DENPASAR). Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, [S.l.], nov. 2015. ISSN 2541-5832. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/lontar/article/view/16729>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Tata kelola TI; Domain Deliver and Support; current maturity level; expected maturity level