PENINGKATAN KINERJA SISTEM MULTI AGEN DENGAN OPTIMALISASI ALOKASI BEBAN (STUDI KASUS ENKRIPSI DATA DENGAN ALGORITMA AES)

  • Muhammad Rizka Fakultas Teknologi Informasi
  • Waskitho Wibisono Fakultas Teknologi Informasi
  • Tohari Ahmad Fakultas Teknologi Informasi

Abstract

Sistem multi agen merupakan sekumpulan agen yang saling berinteraksi dan berkomunikasi untuk melaksanakan suatu tujuan tertentu. Dalam mewujudkan sistem multi agen yang skalabel dan efisien maka agen-agen dalam sistem multi agen harus dapat bersifat autonomous, proactive dan flexible terhadap lingkungan dalam keadaan tertentu. Dalam menangani job yang didistribusikan oleh sistem ke setiap agen dapat saja terjadi ketidakseimbangan workload diantara agen-agen. Load balancing merupakan salah satu solusi ketika ketidakseimbangan workload terjadi dalam sistem multi agen. Sistem multi agen yang penulis usulkan yaitu menerapkan load balancing dalam pengalokasikan workload ke setiap agen secara dinamis. Sistem multi agen yang dibangun terdiri dari agent worker yang bertugas dalam melakukan eksekusi job dan agent monitor yang bertanggung jawab dalam mengawasi kondisi agent worker dan mengalokasikan job kesetiap agent worker. Load balancing system dilakukan dengan pertimbangan tiga parameter yaitu kondisi load agent worker, antrian job dan resource komputasi komputer dimana agen-agen tersebut berada. Studi kasus yang diterapkan pada penelitian ini adalah enkripsi data dengan algoritma AES (Advanced Encryption Standard). Hasil pengujian menunjukkan bahwa metode usulan dapat meningkatkan kinerja sistem multi agen dalam melakukan proses enkripsi job hingga mencapai 30,99 % dibandingkan dengan Distribusi Uniform (DU).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-11-27
How to Cite
RIZKA, Muhammad; WIBISONO, Waskitho; AHMAD, Tohari. PENINGKATAN KINERJA SISTEM MULTI AGEN DENGAN OPTIMALISASI ALOKASI BEBAN (STUDI KASUS ENKRIPSI DATA DENGAN ALGORITMA AES). Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, [S.l.], nov. 2015. ISSN 2541-5832. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/lontar/article/view/16699>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

Sistem Multi Agen, Alokasi Beban, Komunikasi Agen, Enkripsi Data, AES (Advanced Encryption Standard)