PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE LANGSUNG DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS SECARA KUANTITATIF

  • IGB. Wahyu Nugraha Putra Program Magister PPs Unud

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris di sekolah formal maupun non formal lebih banyak berkutat pada pembahasan struktur-struktur bahasa Inggris saja, sehingga mengurangi kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, ditawarkan metode langsung dalam pengajaran bahasa Inggris di lembaga kursus English Center.

Hasil dari data kuantitaf menunjukkan bahwa penggunaan metode langsung dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa pada level pemula di lembaga kursus English Center. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang dicapai oleh siswa pada saat diberikan tes. Nilai rata-rata siswa pada tes awal adalah 30,6% yang dikategorikan masih sangat kurang. Setelah diberikan treatment pada Siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 47,7% dan masih berada pada kategori kurang. Namun, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 71,3% dan berada dalam kategori baik. Peningkatan ini juga didukung oleh data kualitatif. Siswa mampu berbicara dalam konteks percakapan sederhana. Mereka mampu menggunakan ungkapan-ungkapan dan kosakata tertentu secara komunikatif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-03-01
How to Cite
PUTRA, IGB. Wahyu Nugraha. PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE LANGSUNG DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS SECARA KUANTITATIF. Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, [S.l.], v. 20, mar. 2012. ISSN 2656-6419. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/linguistika/article/view/9708>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

keterampilan berbicara, peningkatan, kosakata, metode langsung