POLA KALIMAT TUNGGAL BAHASA WOLIO

  • La Yani FKIP Unhalu

Abstract

Bahasa merupakan hal yang paling penting bagi kehidupan manusia. Bahasa Wolio merupakan salah satu bahasa di kabupaten buton yang masih hidup hingga sekarang ini. Dalam kenyataanya, Bahasa wolio memiliki aspek, yaitu aspek fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik. Bahasa Wolio telah banyak diteliti oleh para peneliti namun dari hasil penelitian itu belum mengupas sintaksis Bahasa Wolio secara mendalam. Secara khusus, belum ada informasi secara lengkap tentang kalimat tunggal, terutama telaah polanya. Kenyataan ini mendorong penulis untuk mengadakan penelitian tentang sintaksis terutama pada pola kalimat tunggal Bahasa Wolio.

Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode simak. Teknik yang diterapkan ialah teknik sadap, teknik rekam, dan teknik catat. Teknik sadap dilakukan dengan menyadap pengguna bahasa lisan penutur/informan baik berencana maupun serta merta. Teknik rekam dilakukan terhadap pembicaraan penutur Bahasa Wolio. Setelah data dikumpul, data diseleksi ddengan menggunakan teknik intropeksi dan teknik elisitasi. Teknik catat dilakukan untuk membantu teknik rekam. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pola kalimat tunggal terdiri dari; pola SP, SPO, SPPel, SPK, SPOK, SPOPel, SPOPelK.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-09-01
How to Cite
YANI, La. POLA KALIMAT TUNGGAL BAHASA WOLIO. Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, [S.l.], v. 19, sep. 2012. ISSN 2656-6419. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/linguistika/article/view/9697>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

sintaksis, pola kalimat, kalimat