PROFIL KANDUNGAN KIMIA EKSTRAK ETANOL 80% KULIT BATANG Michelia champaca L. DENGAN KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS DAN PEREAKSI PENDETEKSI

  • Normansyah, A.
  • Ariantari, N.P.
  • Astuti, K.W.

Abstract

Michelia champaca L. (Magnoliaceae) merupakan tanaman yang secara tradisional telah digunakan oleh masyarakat untuk mengobati demam. Penelitian sebelumnya menunjukan bahwa ekstrak n-heksan, kloroform dan metanol kulit batang cempaka kuning diketahui mengandung  minyak atsiri dan terpenoid, selain itu pada ekstrak kloroform terdapat flavonoid dan ekstrak metanol mengandung tanin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan kimia yang terdapat dalam ekstrak etanol 80% kulit batang M. champaca L dengan menggunakan metode KLT dan pereaksi pendeteksi.

Identifikasi kandungan kimia ekstrak etanol 80% kulit batang M. champaca L dengan metode KLT dilakukan dengan menggunakan fase diam silika gel GF254 dan fase gerak kloroform:metanol (95:5 v/v). Bercak diamati pada sinar UV dengan panjang gelombang 254 nm, 366 nm serta disemprot dengan pereaksi pendeteksi H2SO4 dan uap ammonia. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa bercak nomor 1, 4, 5 dan 9 dengan Rf berturut-turut sebesar 0,08; 0,28; 0,35 dan 0,89 diduga termasuk ke dalam golongan terpenoid, karena setelah disemprot dengan H2SO4 10% dan dipanaskan, terjadi perubahan warna menjadi merah muda, magenta dan ungu. Sedangkan pada bercak nomor 3 dan 8 dengan Rf berturut-turut sebesar 0,21 dan 0,77 diduga termasuk ke dalam golongan flavonoid, karena berwarna hijau pada UV 366 nm dan tidak mengalami perubahan warna setelah diuapi dengan ammonia. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol 80% M. champaca L. mengandung senyawa flavonoid dan terpenoid.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Normansyah, A.

Mahasiswa Jurusan Farmasi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana

Ariantari, N.P.
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
Astuti, K.W.
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
How to Cite
A., Normansyah,; N.P., Ariantari,; K.W., Astuti,. PROFIL KANDUNGAN KIMIA EKSTRAK ETANOL 80% KULIT BATANG Michelia champaca L. DENGAN KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS DAN PEREAKSI PENDETEKSI. Jurnal Farmasi Udayana, [S.l.], dec. 2013. ISSN 2622-4607. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/7426>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Ekstrak Etanol 80%, Kandungan Kimia, KLT, Michelia champaca L., Pereaksi Pendeteksi

Most read articles by the same author(s)