PERBANDINGAN JUMLAHBIAYA PENGENDALIAN BAHAN BAKU ANTARA METODE TRADISIONAL PERUSAHAAN DENGAN KOMBINASI JIT/EOQ

  • Dewantara P. I. G. N. A.
  • Prasetia, I. G. N. J. A.
  • Santosa I. B. P. D.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkanjumlah biaya pengendalian bahan baku yang digunakan perusahaan melalui metode kombinasi JIT/EOQ dan metode tradisionalperusahaan sehingga dapat diketahui metode mana yang memberikan jumlah biaya pengendalian bahan baku yang paling optimal. Pengambilan data dilakukan menggunakan data perusahaan pada tahun 2014 - 2015 dan wawancara dengan pemilik serta karyawan perusahaan.

Dari penelitian ini didapatkan hasil perbandingan metode tradisional dan pemodelan kombinasi JIT/EOQ yaitu penghematan jumlah biaya pengendalian persediaan bahan baku sebesar 88,30% dari jumlah biaya pengendalian (penyimpanan dan pemesanan) bahan baku yang dilakukan perusahaan dengan metode tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dewantara P. I. G. N. A.
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
Prasetia, I. G. N. J. A.
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
Santosa I. B. P. D.
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
How to Cite
I. G. N. A., Dewantara P.; I. G. N. J. A., Prasetia,; I. B. P. D., Santosa. PERBANDINGAN JUMLAHBIAYA PENGENDALIAN BAHAN BAKU ANTARA METODE TRADISIONAL PERUSAHAAN DENGAN KOMBINASI JIT/EOQ. Jurnal Farmasi Udayana, [S.l.], jan. 2017. ISSN 2622-4607. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/25635>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

pengendalian, kombinasi JIT/EOQ, persediaan, bahan baku, biaya persediaan