Determinan Deposito Pada Bank Umum Syariah: Model Regresi Panel

  • M Nur Rianto Al Arif UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hanifah Hanifah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Abstract

Deposito merupakan salah satu sumber pendanaan yang dilakukan oleh perbankan syariah. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi volume deposito pada bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi volume deposito pada bank umum syariah. Teknik analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini ialah teknik regresi panel dengan model efek acak. Penelitian ini menggunakan data yang berasal dari 10 bank umum syariah di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang memilki pengaruh terhadap volume deposito pada bank umum syariah ialah tingkat bagi hasil, ukuran perusahaan, tingkat profitabilitas, dan tingkat efisiensi operasional. Sedangkan tingkat suku bunga bank umum tidak berpengaruh terhadap volume deposito pada bank umum syariah di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa bank syariah harus memperhatikan kondisi internal perusahaan, apabila ingin meningkatkan volume dana pihak ketiga terutama deposito.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hanifah Hanifah, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Department of Islamic Banking

References

Andriyanti, A. dan Wasilah. (2010). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah Penghimpnan Dana Pihak Ketiga. Simposium Nasional Akuntansi XIII. Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.
Anisah, N. dkk. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Deposito Mudharabah Bank Syariah. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Volume 1, No. 2: 169-186.
Fitriyah. (2010). Kontribusi Incentve Compatible Constrains dan Prinsip Bagi Hasil untuk Mereduksi terjadinya Indikasi Moral Hazard dalam Penyaluran Dana Pihak Ketiga dan Pengaruhnya terhadap Pertumbuhan Dana Bank Syariah Survey pada Bank Umum Syariah di Indonesia. (Tesis Tidak Dipublikasikan). Bandung: Universitas Padjadjaran.
Hertati, S. (2014). Pengaruh suku bunga deposito bank konvensional, bagi hasil deposito Mudharabah, inflasi, dan ukuran perusahaan terhadap nilai deposito Mudharabah pada Bank Muamalat Indonesia periode 2010-2012. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Riau: UIN Sutan Syarif Kasim.
Kharisma, D.N. (2012). Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Non Performing Finance terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Bandung: Institut Manajemen Telkom.
Maula, K. (2012). Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Jumlah Bagi Hasil, Inflasi, Indeks Saham JII, dan Jumlah Uang Beredar terhadap Deposito Mudharabah pada BSM periode 2007-2011. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Mayana. (2014). Pengaruh tingkat suku bunga dan bagi hasil terhadap Bank Syariah Mandiri: Studi pada Bank Syariah Mandiri Cabang Ir. Hj. Djuanda Bandung. (Skripsi Tidak Dipublikasikan. Bandung: Universitas Widyatama.
Mubasyiroh. (2008). Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Inflasi terhadap Total Simpanan Mudharabah. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Mustofa, M.S. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Volume Deposito Mudharabah pada Bank Syariah Mandiri. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Natalia, E. (2014). Pengaruh Tingkat Bagi Hasil Deposito Bank Syariah dan Suku Bunga Deposito Bank Umum terhadap Jumlah Simpanan Deposito Mudharabah (Studi pada BSM periode 2009-2012). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 9, No. 1: 1-7.
Nurulhidayat, S. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jumlah Deposito Mudharabah pada Bank Syariah Mandiri. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Lampung: Universitas Lampung.
Piliyanti, I. dan Wahyuni, T. (2013). Tingkat suku bunga deposito, tingkat bagi hasil deposito Mudharabah, FDR, Tingkat inflasi, ukuran perusahaan serta pengaruhnya terhadap pertumbuhan deposito Mudharabah pada bank syariah Indonesia dan Malaysia. Syirkah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol. 9 No 1: 1-18.
Prayitno, G.N. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi Jumlah Penghimpunan Dana Pihak Ketiga (Deposito Mudharabah) Bank Umum Syariah. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Rahayu, A.T. (2011). Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga Deposito Bank Konvensional Terhadap Deposito Mudharabah Pada Bank Syariah di Inndonesia. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Malang: Universitas Negeri Malang.
Rahmawati. (2010). Pengaruh indikasi moral hazard dalam penyaluran pembiayaan terhadap pertumbuhan dana bank syariah melalui monitoring dan profit sharing sebagai variabel intervening (survey pada BUS dan UUS di Indonesia). (Tesis Tidak Dipublikasikan). Bandung: Universitas Padjadjaran.
Samsudin. (2005). Mengapa nasabah memilih menggunakan jasa bank syariah. Jurnal EKSIS. Vol. 1 No. 2: 51-60.
Syakur, A. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penghimpunan Deposito Mudharabah Perbankan Syariah di Indonesia. (Tesis Tidak Dipublikasikan). Malang: Universitas Brawijaya.
Published
2017-05-07
How to Cite
AL ARIF, M Nur Rianto; HANIFAH, Hanifah. Determinan Deposito Pada Bank Umum Syariah: Model Regresi Panel. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, [S.l.], may 2017. ISSN 2303-0186. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jekt/article/view/24914>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JEKT.2017.v10.i01.p05.

Keywords

Deposito; Bank Umum Syariah; Model Regresi Panel