Penggunaan Metode TRISS untuk Meningkatkan Kualitas Visum Et Repertum Korban Hidup pada Korban Trauma

  • Henky Henky Henky

Abstract

Kualitas visum et repertum (VeR) terutama visum et repertum perlukaan yang dihasilkan para dokter masih belum memadai, terutama penetapan kualifikasi luka pada bagian kesimpulan. Kerancuan pada kualifikasi luka akan berdampak pada kesimpulan visum et repertum, yang juga mempengaruhi keputusan akhir di pengadilan.  Untuk meningkatkan kualitas VeR terutama pada bagian kesimpulan dapat dipergunakan metode scoring atas perlukaan yang terjadi.  Salah satu metode scoring yang sering dipergunakan adalah TRISS (Trauma Related Injury Severity Score).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang nilai TRISS pada korban trauma yang dirawat di RSUP Sanglah pada bulan Agustus 2006-Maret 2007 dan memperoleh gambaran perbandingan antara nilai TRISS yang diperoleh dengan tingkat kesembuhan (outcome) korban pada kenyataannya.  Nilai TRISS diperoleh dengan cara memasukkan data dari 790 korban trauma yang dirawat di RSUP Sanglah selama Agustus 2006-Maret 2007 lalu dihitung dengan mempergunakan formula yang telah ditentukan.  Nilai TRISS tersebut kemudian dibandingkan dengan tingkat kesembuhan korban. Seluruh korban pada rentangan nilai TRISS antara 0,00-40,00 semuanya sembuh sedangkan korban dengan nilai TRISS di atas 60,01 semuanya meninggal.  Dua puluh dua koma dua persen korban dengan nilai TRISS 50,01-60,00 sembuh sedangkan sisanya 77,8% meninggal.  Terdapat kecenderungan bahwa semakin tinggi nilai TRISS maka semakin besar kemungkinan seorang korban untuk meninggal terutama pada korban yang memiliki nilai TRISS di atas 50,00

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Henky Henky Henky

Bagian/SMF Ilmu Kedokteran Forensik FK UNUD/RSUP Sanglah Denpasar

Published
2016-07-09
How to Cite
HENKY, Henky Henky. Penggunaan Metode TRISS untuk Meningkatkan Kualitas Visum Et Repertum Korban Hidup pada Korban Trauma. Indonesian Journal of Legal and Forensic Sciences (IJLFS), [S.l.], v. 6, july 2016. ISSN 2657-0815. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ijlfs/article/view/25189>. Date accessed: 28 mar. 2024.

Keywords

VeR – Scoring – TRISS