STUDI KETERKAITAN ANTARA DIVIDEND PAYOUT RATIO, FINANCIAL LEVERAGE DAN INVESTASI DALAM PENGUJIAN HIPOTESIS PECKING ORDER THEORY PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA

  • I Gusti Ayu Sawitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ni Putu Ayu Darmayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini ingin menguji pecking order theory pada perusahaan non keuangan di BEI, dengan melihat keterkaitan antara dividend payout ratio, financial leverage dan investasi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data pooling, dengan menjumlahkan semua perusahaan yang membagikan dividen selama 2011-2013 dan memperoleh data sebanyak 483 perusahaan. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi non participant yaitu dengan mengambil data pada BEI. Hasil pengolahan data menggunakan metode OLS menemukan hasil bahwa perusahaan non keuangan di Indonesia tidak secara murni mengikuti hierarki pendanaan pecking order theory. Dividend payout ratio berpengaruh positif tidak signifikan terhadap financial leverage mengindikasikan bahwa perusahaan di Indonesia tidak secara murni menerapkan hipotesis pecking order. Hal tersebut diindikasikan karena perusahaan tidak menggunakan financial leverage sebagai alternatif sumber pendanaan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-11-11
How to Cite
AYU SAWITRI, I Gusti; AYU DARMAYANTI, Ni Putu. STUDI KETERKAITAN ANTARA DIVIDEND PAYOUT RATIO, FINANCIAL LEVERAGE DAN INVESTASI DALAM PENGUJIAN HIPOTESIS PECKING ORDER THEORY PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 11, nov. 2014. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/9883>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

pecking order theory, dividend payout ratio, financial leverage, investment