GAMBARAN KEBUTUHAN PSIKOLOGIS PADA ANAK KESULITAN BELAJAR

  • Ni Luh Made Sri Murjaniasih Psikologi Universitas Udayana

Abstrak

ABSTRAK


Anak yang tidak mau belajar dengan baik di sekolah biasanya menunjukkan prestasi belajar yang rendah. Penyebabnya dapat berasal dari kebutuhan-kebutuhan psikologis yang tidak terpenuhi dengan baik. Ketika kebutuhan anak tidak terpenuhi maka akan menghambat perkembangan dan penyesuaian pada diri anak salah satunya yaitu keterlambatan dalam menyerap pembelajaran di kelas sehingga anak akan berkesulitan belajar.


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran psikologis pada anak berkesulitan belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Subjek pada penelitian ini yaitu anak kelas VI sekolah dasar yang memiliki prestasi rendah di kelas. Subjek merupakan anak yang masih kesulitan membaca, menulis, dan berhitung dan bersekolah di sekolah umum. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi non partisipatif terhadap subjek dan wawancara semi terstruktur dengan orangtua dan guru sekolah. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis studi kasus menurut Creswell (2014).


Hasil penelitian menunjukan adanya pola-pola yang dikategorikan ke dalam 14 kategori yang terdiri dari 3 karakteristik anak berkesulitan belajar berupa daya ingat yang rendah, motivasi belajar yang rendah dan karakter anak yang pendiam dan tidak banyak bicara. 11 kategori lainnya adalah kebutuhan psikologis yang muncul pada anak berkesulitan belajar yaitu Need of Abasement, Need of Agression, Need of Succorance, Need of Affiliation, Need of Exhibition, Need of Rejection, Need of In Avoidance, Need of Autonomy, Need of Order, Need of Play.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Adelia, Silvia. 2015. Anak dengan Kesulitan Belajar Khusus. Diunduh dari https://www.kompasiana.com/silvia421/anak-dengan-kesulitan-belajar khusus_550ffd80a333118b37ba7e71 26 feb 2018.
Anggaswari, A. A. A. W. D., & Budisetyani, I. G. A. P. W. (2016). Gambaran Kebutuhan Psikologis pada Anak dengan Gangguan Emosi dan Perilaku (Tinjauan Kualitatif dengan Art Therapy sebagai Metode Penggalian Data). Jurnal Psikologi Udayana, 3(1), 86–94. https://doi.org/10.24843/jpu.2016.v03.i01.p09
Creswell, J. W. (2014). Researcch Desain Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: psikosain.
Gunarsa, Singgih D. 2008. Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Handayuni, T. S. (2017). Article Gambaran Kebutuhan Psikologis Anak Berbakat Tyesa Sri Handayuni Ciri- ciri keberbakatan Kebutuhan Psikologis. Indonesian Journal of School Counseling, 2, 39–43. https://doi.org/10.23916/08420011
Kholifah, R. (2015). . Motivasi Belajar Seorang Slow Learner di Kelas IV SD Kanisius. 49(23–6), 1–15.
Melisa, Fenry. 2013. Jumlah Anak Berkebutuhan Khusus di Indonesia Tinggi. Diunduh dari http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/07/17/mq2zvp-jumlah-anak%20berkebutuhan-khusus-di-indonesia-tinggi 20 Maret 2018
Raharjo, Trubus dan Fajar Karwuyan, L. N. A. (2011). Identifikasi Learning Disability pada Anak Sekolah Dasar. Staf Pengajar Fakultas Psikologi UMK, 4(2).
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak, Edisi Ketujuh, Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Soetjiningsih, C. H. (2012). Perkembangan Anak Sejak Pertumbuhan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group
Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Penerbit Alfabeta.
Diterbitkan
2021-04-30
##submission.howToCite##
SRI MURJANIASIH, Ni Luh Made. GAMBARAN KEBUTUHAN PSIKOLOGIS PADA ANAK KESULITAN BELAJAR. Widya Cakra: Journal of Psychology and Humanities, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 57-64, apr. 2021. ISSN 2774-9231. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/widyacakra/article/view/72309>. Tanggal Akses: 14 oct. 2025